Pemkab Tangerang Minta Warga Waspadai Ciki Ngebul

Makanan yang mengandung nitrogen itu dinilai berbahaya

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang meminta warga menghindari dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair (LN2), ciki ngebul. Di beberapa daerah, jajanan itu menyebabkan sejumlah kasus keracunan. 

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Faridzi Fikri meminta warga lebih waspada lagi saat membeli makanan. "Terutama kepada para orangtua agar lebih ketat mengawasi anak-anaknya dalam membeli makanan yang mengandung ciki ngebul," kata Kamis (12/1/2023). 

Baca Juga: 28 Anak Keracunan, Dinkes Tetapkan Jabar Darurat Medis Ciki Ngebul

1. Rumah sakit dan puskesmas tingkatkan pengawasan

Pemkab Tangerang Minta Warga Waspadai Ciki NgebulPuskesmas Kasihan II (puskesmas.bantulkab.go.id)

Untuk mengantisipasi kasus keracunan dari dampak makanan mengandung nitrogen cair ini, Dinkes Kabupaten Tangerang berkoordinasi dengan seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Tangerang, baik rumah sakit umum daerah (RSUD) maupun puskesmas.

"Seluruh puskesmas agar meningkatkan pengawasan terhadap edaran jajanan-jajanan anak di sekolah yang mengandung LN2," katanya. 

2. Kewaspadaan ditingkatkan

Pemkab Tangerang Minta Warga Waspadai Ciki NgebulFoto : Petugas melakukan skrining kepada masyarakat saat akan menerima vaksin/IDN Times, Andre

Fikri mengatakan, dalam peningkatan pengawasan dan penerbitan surat edaran ini juga merupakan tindak lanjut dari surat Kementerian Kesehatan RI, SR:01.07/111.5/67/2023 tanggal 3 Januari 2023 perihal kedaruratan medis dalam penggunaan nitrogen cair pada makanan. 

"Sementara kita tidak lakukan operasi lapangan setelah adanya surat edaran dari Kemenkes itu, namun kita hanya meningkatkan kewaspadaan saja," ujarnya. 

3. Belum ada laporan kasus keracunan akibat nitrogen cair di Tangerang

Pemkab Tangerang Minta Warga Waspadai Ciki NgebulIlustrasi IGD. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Ia mengungkapkan, sejauh ini belum ada laporan kejadian luar biasa akibat keracunan makanan mengandung nitrogen cair di wilayah Kabupaten Tangerang. 

"Sampai saat ini belum ada laporan kasus keracunan dari makanan itu, khususnya pada anak belum ada," tuturnya. 

Kendati demikian, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan diminta melaporkan apabila terdapat temuan kasus keracunan ciki ngebul tersebut. 

Baca Juga: Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya