Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!

Yuk, ke bank sampah untuk bantu melestarikan lingkungan!

Sampah kini menjadi masalah serius bagi penduduk Bumi. Kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan lingkungan pun menjadi tantangan.

Kamu perlu tahu bahwa pengelolaan sampah gak hanya berakhir di tempat sampah loh. Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah mengakses bank sampah. Apa kamu masih asing dengan istilah bank sampah?

Sebelum menuju ke pengertian bank sampah, ada baiknya untuk mengetahui arti dari sampah terlebih dahulu nih.

Mengutip buku Pengelolaan Bank Sampah karya Edy Purwanto, sampah merupakan barang atau benda berupa material sisa yang sudah tidak digunakan dan dibuang ke alam.

Mengapa sampah harus dikelola dan dapat dikelola di bank sampah? Tentunya hal ini berkaitan dengan pelestarian lingkungan. 

Dikutip dari laman resmi DPR RI yang diakses pada 10 Januari 2022, data tahun 2021, volume sampah di Indonesia 68,5 juta ton dan 2022 naik sampai 70 juta ton. Ada 24 persen atau sekitar 16 juta ton sampah yang masih belum dikelola sampai saat ini oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara itu, bank sampah merupakan konsep pengelolaan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. 

Nah, bagi kamu yang mau membantu misi menjaga kelestarian lingkungan dan tinggal di sekitar wilayah Tangerang serta tertarik dengan konsep pengelolaan sampah ala bank sampah, yuk simak ulasan berikut agar kamu tahu di mana saja lokasi-lokasi bank sampah yang tersebar di beberapa lokasi di Tangerang Raya.

Baca Juga: Aktivis Lingkungan Banksasuci Bantu Percepatan Vaksinasi 

1. Bank Sampah Sumber Mutiara Tangerang

Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!Bank sampah Tangerang (tangerangkota.go.id/humas kota tangerang)

Bank Sampah Sumber Mutiara resmi dibuka diketahu pada tanggal 31 Maret 2022. Bank sampah ini ternyata merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebuah perusahaan yang berdiri di Kota Tangerang.

Lokasi Bank Sampah Sumber Mutiara ada di  Jalan Lembang 2 RT04 RW08, Kelurahan Sudimara Barat, Ciledug.

Baca Juga: Bom Waktu Sampah Plastik Kala Pandemik 

2. Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi

Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!Bank sampah Tangerang (tzuchi.or.id/Riani Purnamasari)

Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi terdapat di Jl. Teratai Summarecon, Serpong, Kabupaten Tangerang.

Di Google, bank sampah ini mendapatkan nilai ulasan bintang 5 loh. Pengelolaan sampah di sini dianggap bagus dan memiliki petugas bank sampah yang ramah. 

3. Banksasuci

Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!Bank sampah Tangerang (instagram.com/banksasuci)

Diketahui, Bank Sampah Sungai Cisadane atau yang disingkat menjadi Banksasuci, merupakan komunitas yang memiliki program untuk menjaga kebersihan lingkungan Sungai Cisadane. 

Komunitas ini bergerak dengan cara mengelola sampah dan limbah yang tersebar di wilayah Sungai Cisadane. Namun begitu, pihaknya juga tak menutup kemungkinan mau menerima sampah yang telah dipilah oleh masyarakat. 

Lokasi Banksasuci ada di Jalan Taman cisadane Gg. Muara Buntu. RT 003/ RW 0001 Panunggangan Barat Kec. Cibodas, Kota Tangerang. 

4. Bank Sampah Digital Petra

Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!Bank sampah Tangerang (rapel-id.com/dok Rapel.id)

Bank Sampah Petra yang berada di Kota Tangerang Selatan. Bank sampah berbasis digital ini diinisiasi oleh Pemuda Katolik Komda Banten dan aplikasi Rapel.

Aplikasi Rapel merupakan aplikasi jual beli sampah anorganik. Penamaan aplikasi ini merupakan akronim dari Rakyat Peduli Lingkungan (Rapel)

Gambaran singkat tentang cara kerja bank sampah ini ialah, nantinya setiap hari akan ada kolektor yang melakukan pengambilan sampah anorganik dari rumah warga yang melakukan posting melalui aplikasi Rapel.

Lokasi bank sampah ini ada di Jalan Raya Astek No.69 Kampung Lengkong Gudang Timur, Tangerang Selatan. Buat yang penasaran, kamu bisa coba langsung unduh aplikasi Rapel secara gratis dan bantu pelestarian lingkungan dengan cara mengelola sampah. 

5. Bank Sampah Darling

Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!Bank sampah Tangerang (instagram.com/kampungdarling)

Bank sampah ini resmi dibentuk pada 20 Februari 2020. Program Bank Sampah Darling didukung penuh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Dukungan tersebut sebetulnya merupakan bagian dari program peningkatan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Bagi kamu yang tinggal di daerah Ciledug atau Jakarta Selatan, bisa coba antarkan hasil pengelolaan sampah yang sudah dipilah, untuk dibawa ke Bank Sampag Darling di Kampung Darling yang berada di RT 4 RW 11 Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug. 

Baca Juga: Sampah Plastik Masih Jadi Tantangan Berat di Tanah Air

Yuk, bersama-sama kita manfaatkan keberadaan bank sampah dan mulai mengelola sampah dengan baik dan benar! Mari terus menjaga kebersihan demi keberlangsungan kelestarian lingkungan!

Anggun Tifani Photo Community Writer Anggun Tifani

Seorang Ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya