Pemkot Tangerang Gelar Lomba Video Aktivitas Berkebun di Rumah

Ada hadiah jutaan rupiah buat 3 pemenang loh

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang mengadakan lomba video berkebun yang dapat diikuti masyarakat secara gratis tanpa dipungut biaya.

“Kami ingin memberikan semangat kembali kepada masyarakat dalam berkebun serta mengajak mereka untuk mau memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi kebun sayuran,” kata Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun pada Rabu (18/10/2023).

Dengan mengusung tema Ketahanan Pangan Mandiri Perkotaan dalam konteks dampak El Nino atau kemarau panjang dan perubahan lingkungan serta produksi berkelanjutan. Pendaftaran lomba video berkebun dibuka 29 Oktober 2023.

1. Ada dua kategori lomba

Pemkot Tangerang Gelar Lomba Video Aktivitas Berkebun di RumahWarga Kelurahan Kedungpane Kecamatan Mijen Kota Semarang melakukan kegiatan bercocok tanam atau urban farming di lokasi proyek SPAM Semarang Barat. (dok. Tiga Langkah)

Muhdorun mengatakan, lomba ini dibuka dengan dua kategori, yakni kebun yang memanfaatkan pekarangan rumah dengan luas lahan kurang dari 100 meter persegi, dan juga dengan luas lahan lebih dari 100 meter persegi.

Video yang dibawakan memiliki karakter, peduli terhadap lingkungan, kreatif, dan senang berkebun. Selain itu, ceritanya pun dapat dimodifikasi dengan berbagai literatur yang melatarbelakangi budaya berkebun di Kota Tangerang.

2. Ini syaratnya

Pemkot Tangerang Gelar Lomba Video Aktivitas Berkebun di Rumahunsplash (https://unsplash.com/@honeypoppet)

Muhdorun mengatakan, yang ditampilkan diantaranya aktifitas berkebun serta panen, penataan pekarangan, jenis komoditas, inovasi dalam pemasaran. Peserta bisa mengirimkan file video maksimal durasi lima menit, dengan format landscape atau portrait beresolusi 720 pixel ke tautan https://s.id/LVB_2023.

"Dimana masa penilaian video yaitu pada 30 Oktober hingga 4 November, yang nantinya para pemenang akan mendapatkan uang tunai diantaranya Juara 1 senilai Rp2 juta, Juara 2 sebesar Rp1,5 juta, dan Juara 3 sebesar Rp1 juta, untuk masing-masing kategori,” jelasnya.

3. Video diunggah ke Instagram

Pemkot Tangerang Gelar Lomba Video Aktivitas Berkebun di RumahIlustrasi medsos (Unsplash.com/Plann)

Tentunya para peserta yang ikut serta merupakan warga yang berdomisili di Kota Tangerang, serta pekarangan rumah yang dijadikan berkebun merupakan rumah milik peserta.

Tak hanya itu, video lomba juga di upload ke akun Instagram pribadi dan mengetag Instagram @dkp.tangerangkota dengan caption disertai hastag #LombaBerkebunDKP #TangerangAyo #KotaTangerang.

Baca Juga: Jelang Popda Banten 2024, Pemkot Tangerang Mulai Jaring Atlet

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya