Pemkot Tangerang Pastikan KTT ASEAN Tak Terganggu Truk Tanah

Dishub tak ragu menindak tegas pelanggar aturan

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang akan mengatur dan memastikan mobilitas truk bermuatan tanah dan pasir tak akan mengganggu perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN. Rencananya, event regional itu  akan diselenggarakan di Jakarta, pada 5 hingga 7 September 2023.

"Kami bersama dengan pihak kepolisian terus berkoordinasi untuk menjaga lalu lintas di wilayah Bandara Soekarno-Hatta agar tidak ada hambatan," kata Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely, Senin (28/8/23).

Baca Juga: Langgar Aturan Jam Operasi, 7 Truk Tanah Di Tangerang Dirazia

1. Jam operasional truk bermuatan tanah diperketat

Pemkot Tangerang Pastikan KTT ASEAN Tak Terganggu Truk TanahIDN Times/Muhamad Iqbal

Selain itu kata Suhaely, jam operasional truk bermuatan tanah dan pasir lainnya dimulai pada pukul 10 malam hingga 5 pagi akan diketatkan lagi.

"Selain itu, truk bermuatan tanah dan pasir lainnya juga sesuai dengan Peraturan Wali Kota nomor 93 tahun 2022, tentang pengaturan pembatasan jenis kendaraan, jam operasional, dan rambu-rambu lalu lintas kendaraan angkutan tanah dan pasir," kata dia.

1. Dishub tak ragu menindak tegas pelanggar aturan

Pemkot Tangerang Pastikan KTT ASEAN Tak Terganggu Truk TanahDishub Tangsel kala melakukan sidak terhadap truk-truk besar yang melintas. IDN Times/Muhamad Iqbal

Suhaely mengatakan, tindakan tegas juga tidak segan dilakukan apabila masih ada truk-truk yang melanggar jam operasional yang sudah ditetapkan.

Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan Dishub Kabupaten Tangerang untuk sama-sama mengawasi wilayah Bandara Soekarno-Hatta dari truk yang masih tidak mematuhi aturan.

"Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu objek vital dalam gelaran KTT ASEAN ini. Maka dari itu, selain dengan kepolisian kami juga telah berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Tangerang untuk bersama-sama mengawasi truk yang melanggar jam operasi," ungkapnya.

3. Taat aturan juga bagian dari upaya sukseskan KTT ASEAN

Pemkot Tangerang Pastikan KTT ASEAN Tak Terganggu Truk TanahIDN Times/Muhamad Iqbal

Suhaely mengatakan, operator truk diimbau untuk menaati peraturan jam operasional yang telah berlaku di wilayah Kota Tangerang, sekaligus menjadi salah satu bagian untuk turut serta menyukseskan KTT ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta.

"Sebagai tuan rumah, tentu kita harus menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh tamu yang akan hadir di KTT ASEAN," imbaunya.

Baca Juga: Harga Beras di Kota Tangerang Naik, Bulog Salurkan Beras 200 Ton

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya