Pemkot Tangerang Bakalan Tambah 2 Koridor Baru Bus Tayo

Wah, jadi orang bisa langsung ke bandara dari TangCity Mall

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang berencana menambah dua koridor baru layanan Bus Tayo. Kepala Dishub Kota Tangerang, Ahmad Suhaely, menuturkan pihaknya telah mengajukan rencana tersebut ke pemerintahan pusat melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait penambahan koridor baru opersional Bus Tayo di Kota Tangerang.

Dua koridor baru tersebut meliputi koridor 5 yakni TangCity Mall-Bandara Soekarno-Hatta, dan koridor 6 yakni circle atau integrasi.

"Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi potensi jumlah pengguna jasa dari pusat perbelanjaan di Kota Tangerang (TangCity Mall) langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta sebagai gerbang masuk nasional dan internasional di Kota Tangerang,” kata Kepala Dishub Kota Tangerang, Ahmad Suhaely, Minggu (30/7/2023).

Baca Juga: Imigrasi Tangerang Deportasi 19 WNA di Tangerang yang Bikin Onar

1. Bus Tayo sudah memiliki 4 koridor

Pemkot Tangerang Bakalan Tambah 2 Koridor Baru Bus TayoDok. Humas Pemkot Tangerang

Suhaely mengatakan, saat ini Bus Tayo memiliki 4 koridor yang telah melakukan pelayanan transportasi umum di Kota Tangerang setiap harinya, meliputi koridor 1 Poris Plawad-GOR Jatiuwung, koridor 2 Poris Plawad-Cibodas, koridor 3 Ciledug-TangCity Mall, dan koridor 4 Cadas-Pintu Masuk M1 Bandara Soekarno-Hatta.

Penambahan dua koridor baru, yaitu koridor 5 dan 6, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan Bus Tayo menjadi kian optimal.

2. Ini penjelasan terkait rencana koridor 6

Pemkot Tangerang Bakalan Tambah 2 Koridor Baru Bus TayoDok. Humas Pemkot Tangerang

Sedangkan untuk koridor baru lainnya, yakni koridor 6 circle atau integrasi merupakan koridor atau rute yang menyambungkan antara koridor satu dengan koridor lainnya.

"Serta, berfungsi mengoptimalkan layanan yang mengintegrasikan semua koridor yang ada dengan berbagai moda transportasi lainnya yang ada di Kota Tangerang,” kata dia.

3. Penumpang bus Tayo terus mengalami peningkatan

Pemkot Tangerang Bakalan Tambah 2 Koridor Baru Bus TayoIlustrasi penumpang KRL Bogor-Jakarta. (Ilustrasi. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Selain itu, berdasarkan data yang telah dihimpun Dishub Kota Tangerang, data jumlah penumpang Bus Tayo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Yaitu tahun 2020 mencapai 463.861 penumpang, tahun 2021 mencapai 663.957 penumpang, dan tahun 2022 mencapai 763.819 penumpang. Bahkan pada semester pertama 2023 Januari hingga Juni, telah mencapai sekitar 400 penumpang.

Dengan adanya penambahan dua koridor baru ini, Dishub Kota Tangerang berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan jumlah penumpang Bus Tayo di Kota Tangerang.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya