Pemkot Tangsel Buka Pendaftaran Subsidi Pelajar Anak Buruh

Bantuan tersebut berbentuk uang tunai

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menggelontorkan program subsidi biaya sekolah bagi siswa-siswi yang orangtuanya adalah buruh atau pekerja di Tangsel. 

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, bantuan subsidi biaya pendidikan itu diperuntukkan khusus siswa pada jenjang pendidikan SD dan SMP. Saat ini, kata Benyamin, program tersebut baru terisi ratusan pelajar di Tangsel.

Baca Juga: Selingkuhi 2 Wanita, Polisi di Tangsel Dilaporkan Istri ke Propam

1. Para buruh dan pekerja di Tangsel dipersilakan untuk mendaftar anaknya

Pemkot Tangsel Buka Pendaftaran Subsidi Pelajar Anak BuruhIlustrasi demonstrasi buruh. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dia menyebutkan, program tersebut digulirkan dengan dasar hukum Surat Edaran (SE) 560/941 tahun 2022 tentang subsidi pembiayaan sekolah anak buruh atau pekerja.

"Sekarang yang terdaftar untuk SD itu ada 136 orang, SMP yang mengusulkan 70-an. Kalau ada lagi silakan untuk mengajukan," kata Benyamin Davnie, Rabu (16/11/2022).

2. Tujuan program ini untuk mengurangi beban karyawan

Pemkot Tangsel Buka Pendaftaran Subsidi Pelajar Anak BuruhMassa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Benyamin mengatakan, program ini digulirkan dengan menimbang beberapa hal, termasuk indikator belanja buruh di Tangsel. Subsidi beasiswa ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran para buruh.

"Tujuannya untuk mengurangi beban para karyawan sehingga upah yang mereka terima itu sedikit relatif terjaga, cukup memenuhi kebutuhan ekonomi dan kebutuhan lainnya," terang Benyamin. 

3. Bagi mereka yang lolos, akan mendapat subsidi dalam bentuk uang tunai

Pemkot Tangsel Buka Pendaftaran Subsidi Pelajar Anak BuruhIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dia menerangkan, subsidi biaya pendidikan anak buruh itu, akan mulai disalurkan berupa uang tunai dan mulai berlaku tahun ajaran ini.

"Beasiswa dalam bentuk uang yang akan diterima oleh anak atau sekolah. Untuk nominal beasiswanya saya lupa, berlaku tahun ini dan tahun depan akan kita tambah," kata Benyamin.

Baca Juga: Saksi: Uang Lahan SMKN 7 Tangsel Mengalir Hingga ke Adik Eks Gubernur

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya