Pemkot Tangsel Target Buang Sampah 500 Ton per Hari ke Lebak

Pelaksanaannya mulai 2024, berakhir dalam 15 tahun

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan membuang sekitar 500 ton sampah per hari ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Degung, Parungsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Sesuai anggaran, rencana itu dimulai tahun 2024.

Hal itu menyusul adanya kerja sama penanggulangan sampah antara Pemkot Tangsel dan Pemerintah Kabupaten Lebak. "Saya targetkan maksimal kapasitas angkutnya 500 ton per hari," kata Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Tangsel Bakal Kirim Sampah ke TPA Dengung Lebak

1. Truk pengangkut melalui lelang

Pemkot Tangsel Target Buang Sampah 500 Ton per Hari ke LebakIDN Times/Khaerul Anwar

Benyamin mengatakan, nantinya unit truk angkutan sampah akan disediakan dengan menyewa dari pihak ketiga melalui sistem lelang. Sistem sewa dianggap lebih efisien dalam penghematan anggaran kas daerah.

Anggaran kerja sama pengelolaan sampah di TPA Degung, lanjut Benyamin, bersumber dari APBD Kota Tangsel tahun 2024. Alokasinya diperuntukkan pada biaya konsensus retribusi, sewa angkutan truk, akomodasi dan lain sebagainya.

"Saya bilang kalau bisa 500 ton per hari. Jadi terserah, mau pake 200 truk, 30 truk, 60 truk, pokoknya kita minta 500 ton," jelas Benyamin.

2. Kerja sama Tangsel dan Lebak dalam pengelolaan sampah itu berdurasi 15 tahun

Pemkot Tangsel Target Buang Sampah 500 Ton per Hari ke LebakIlustrasi antrean truk sampah. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Benyamin menjelaskan, pihaknya menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya untuk selama 15 tahun ke depan. Kerja sama juga mencakup bidang pelayanan pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

"Tapi untuk pengelolaan sampah (di TPA Degung ) sangat tergantung kedua belah pihak," kata Benyamin.

Baca Juga: Kesal, Warga Serang Tumpahkan Sampah ke Kantor Kelurahan dan Kecamatan

3. Pemkot Tangsel fokus akhiri kerja sama dengan TPA Cilowong

Pemkot Tangsel Target Buang Sampah 500 Ton per Hari ke LebakSampah di TPA Cipeucang Tangsel (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kini pihaknya sedang ingin menyelesaikan kesepakatan kerja sama pembuangan sampah di TPA Cilowong, Kota Serang. Tahun ini kerja sama akan berakhir lantaran hanya selama tiga tahun saja.

"Jadi lahan seluas 13 hektare di Lebak masih banyak yang bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Baca Juga: Potret Kelurahan Cilowong, Jadi Tempat Pembuangan Sampah Tangsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya