Pengembangan Stasiun KA, Perlintasan di Pasar Rangkasbitung Ditutup

Petugas gencarkan sosialisasi rekayasa lalin ini

Lebak, IDN Times - Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jakarta Banten bakal menutup secara permanen perlintasan sebidang di Jalan Tirtayasa (RT Hadiwinangun), tepatnya perlintasan KA di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Penutupan perlintasan ini dalam rangka upaya peningkatan jalur kereta api dan pembangunan Stasiun Rangkasbitung.

"Sosialisasi penutupan JPL 183 Stasiun Rangkasbitung sudah dilakukan karena akan adanya pembangunan Stasiun Rangkasbitung untuk peningkatan pelayanan masyarakat Lebak dan sekitarnya, maka JPL 183 akan di tutup secara permanen," tulis akun Instagram resmi BTP Jakarta-Banten @btpjakarta.

Baca Juga: Jajan Gorengan di Rangkasbitung, Bayarnya Bisa Pakai QRIS

1. Penutupan perlintasan ini efektif dilakukan pada 31 Juli 2023

Pengembangan Stasiun KA, Perlintasan di Pasar Rangkasbitung DitutupIDN Times/Muhamad Iqbal

Dalam posting-an tersebut dijelaskan, bahwa penutupan perlintasan sebidang ini akan efektif dilakukan pada 31 Juli 2023 mendatang.

"Penutupan JPL tersebut akan dilaksanakan secara permanen pada tanggal 31 Juli 2023," tulis akun tersebut.

2. Stasiun Rangkasbitung bakal dibangun besar-besaran

Pengembangan Stasiun KA, Perlintasan di Pasar Rangkasbitung DitutupIDN Times/Muhamad Iqbal

Untuk warga yang ingin menuju ke Stasiun Rangkasbitung dapat melalui rute alternatif yang tertera dalam flyer-flyer atau spanduk yang tersebar di beberapa lokasi sekitar area Atasiun Rangkasbitung.

Sebelumnya diberitakan, Stasiun Rangkasbitung di Kabupaten Lebak akan dibangun secara besar-besaran tahun ini. Bangunan stasiun ini disebut akan lebih besar dari Stasiun Jatinegara.

Kepala Seksi Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Alexander Reinhard mengungkap, Stasiun Rangkasbitung akan dibangun menjadi dua lantai. Hal ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan bagi pengguna kereta.

"Kita tingkatkan, pola areanya kan tanah kita tingkatan jadi dua lantai. Diperkirakan akan lebih besar dari Stasiun Jatinegara," kata Alex, Kamis (23/2/2023).

3. Stasiun Rangkasbitung merupakan stasiun transit

Pengembangan Stasiun KA, Perlintasan di Pasar Rangkasbitung DitutupIDN Times/Muhamad Iqbal

Alex menjelaskan, Stasiun Rangkasbitung merupakan stasiun pemberhentian KRL terakhir dari Stasiun Tanah Abang sebelum berganti kereta lokal ke Merak. Nantinya akan ada sembilan jalur kereta meliputi trek KRL, kereta lokal, stabling dan depo.

Kemudian Stasiun Rangkasbitung direncanakan bakal terhubung ke Terminal Sunan Kalijaga menggunakan jalur intermoda. Tidak hanya itu, jalur kereta Rangkas-Pandeglang juga akan diaktifkan kembali.

"Iya itu nanti, kita tingkatkan dulu stasiunnya (Rangkasbitung) baru setelah itu kegiatan reaktivasi jalur Rangkas-Labuan. Intermoda agar pengguna kereta api bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum desa dan kota," kata dia.

Baca Juga: Stasiun Rangkasbitung Akan Dirombak Besar-besaran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya