Penumpang Menumpuk di Soetta, Ini Penjelasan Gugus Tugas COVID-19

Faktornya karena penumpang datang mepet

Tangerang, IDN Times - Terjadi lonjakan penumpang di Terminal II Bandara Soekarno-Hatta pada H-10 hari raya Idulfitri, Kamis pagi (14/5). Akibatnya antrean penumpang yang hendak memasuki ruang tunggu mengular.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menjelaskan, kejadian tersebut terjadi pada sekitar pukul 06.00 sampai 08.00 pagi tadi.

Baca Juga: Penerbangan Bandara Soetta Dibuka, 25.000 WNI Tiba di Tanah Air 

1. Penumpang dianjurkan datang tiga jam sebelum keberangkatan. Sejumlah penumpang malah datang di waktu mepet

Penumpang Menumpuk di Soetta, Ini Penjelasan Gugus Tugas COVID-19(Bandara Soekarno Hatta) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Doni mengatakan, kejadian itu terjadi lantaran penumpang dianjurkan datang tiga jam sebelum keberangkatan untuk menghindari adanya penumpukan orang yang ada di terminal keberangkatan.

"Ternyata para penumpang datangnya pada waktu yang mepet sehingga berbenturan dengan penumpang berikutnya," kata Doni, Kamis (14/5).

2. Sebab lain penumpukan penumpang adalah Batik Air buka 11 penerbangan di pagi hari

Penumpang Menumpuk di Soetta, Ini Penjelasan Gugus Tugas COVID-19Dok. Kementrian Luar Negeri

Doni mengatakan, faktor lain yang jadi musabab peristiwa itu adalah penambahan jadwal penerbangan pada salah satu maskapai penerbangan.

"Saat itu maskapai Batik membuka sekaligus pagi dengan 11 penerbangan, saat ini Satgas Bandar sedang rapat dengan komunitas bandara untuk menindaklanjuti persoalan tadi pagi, dengan mengubah SOP dalam menerima kedatangan calon penumpang yang akan melaksanakan penerbangan," kata Doni.

3. Doni minta koordinasi ditingkatkan

Penumpang Menumpuk di Soetta, Ini Penjelasan Gugus Tugas COVID-19Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Doni mengatakan, dia sudah meminta pihak terkait di Bandara untuk meningkatkan koordinasi untuk terus menerus tanpa henti agar menghindari kejadian yang membahayakan kesehatan masyarakat.

Baca Juga: 40 lebih Penumpang Bandara Soetta Ditemukan Positif Virus Corona

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya