PKS Minta Pemkot Tangsel Bikin Strategi Optimalisasi Belanja Daerah

Belanja hibah naik pesat pada APBD-P 2022

Tangerang Selatan, IDN Times - Fraksi PKS pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel perlu membuat strategi optimalisasi belanja daerah.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Fraksi PKS DPRD Tangsel Paramitha Messayu dalam pandangan umum Fraksi PKS atas Nota Keuangan dan Rencana Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2022.

"Optimalisasi belanja daerah atas kebijakan refocusing anggaran pada tiga sektor prioritas, yakni belanja kesehatan, jaring pengaman sosial, dan dampak ekonomi bagi dunia usaha," kata Paramitha, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Disentil Soal Sampah Tangsel, Syafrudin: Tak Perlu Izin Pemprov

1. APBD-P Tangsel jadi Rp3,481 triliun

PKS Minta Pemkot Tangsel Bikin Strategi Optimalisasi Belanja DaerahWarga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Fraksi PKS DPRD Tangsel berpandangan, lanjutnya, bahwa kebijakan Pendapatan dan Belanja Daerah seharusnya selaras dengan upaya mewujudkan Prioritas Pembangunan Kota Tangsel yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan warga

"Fraksi PKS menanyakan perihal target Pendapatan Daerah dalam Perubahan APBD 2022 sebesar Rp3,481 triliun yang meningkat dari semula yang hanya sebesar Rp3,299 triliun," kata dia.

2. Belanja hibah naik pesat

PKS Minta Pemkot Tangsel Bikin Strategi Optimalisasi Belanja DaerahIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Selain itu, Fraksi PKS mempertanyakan perihal anggaran Belanja Hibah dalam Perubahan APBD 2022 yang mengalami kenaikan yang tajam, yakni sebanyak 347,61 persen dari belanja pada APBD murni sebesar Rp25,714 miliar menjadi Rp115,098 miliar.

"Hal tersebut terjadi pada Belanja Bantuan Sosial yang diberikan kepada individu, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat dalam jangka pendek," ungkapnya.

3. Refocusing anggaran harus maksimal

PKS Minta Pemkot Tangsel Bikin Strategi Optimalisasi Belanja DaerahIlustrasi anggaran (ladypinem.com)

Fraksi PKS menyoroti terkait penanganan Pandemi COVID-19 yang dinilai sudah semakin terkendali. Fraksi PKS menilai Pemkot Tangsel perlu membuat strategi optimalisasi belanja daerah atas kebijakan refocusing anggaran pada tiga sektor prioritas.

Baca Juga: Warga Serang Tutup Paksa Kiriman Sampah dari Tangsel, Rusak Lingkungan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya