PPDB SMPN Kota Tangerang Berakhir, Ini Cara Cek Daftar Peserta Lolos

PPDB tingkat SMP ini sudah berlangsung dari 26 Juni lau

Kota Tangerang, IDN Times - Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP negeri di Kota Tangerang yang berlangsung dari 26 Juni lalu, sudah berakhir pada Kamis (13/7/2023). 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaludin mengatakan, pengumuman peserta yang lolos berlangsung mulai pukul 20.00 WIB di hari berakhirnya PPDB.

"Untuk daftar ulangnya bisa dilakukan 14 Juli pukul 00.01 WIB hingga 16.00 WIB. Dan akhirnya, PPDB SMP negeri dengan tahap pertama lima jalur dan tahap kedua satu jalur, selesai atau rampung dengan sukses atau tanpa hambatan yang serius,” kata Jamaluddin, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: 5.413 Bangku di SMAN Banten Masih Kosong  Usai PPDB Berakhir 

1. Ini langkah pengecekannya

PPDB SMPN Kota Tangerang Berakhir, Ini Cara Cek Daftar Peserta Lolosilustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Jamal menjelaskan, bagi calon peserta didik baru dapat mengakses pengumuman PPDB SMP negeri Kota Tangerang tahun ajaran 2023/2024 secara mandiri atau online, yakni melalui laman ppdb.tangerangkota.go.id.

Berikut cara cek pengumuman hasil PPDB SMPN Kota Tangerang 2023;
1. Akses laman ppdb.tangerangkota.go.id
2. Setelah login, pada kanan atas klik menu ‘Hasil Seleksi’
3. Pilih jenjang ‘SMP’
4. Pilih jalurnya
5. Pilih sekolah pilihan
6. Tampilan laman akan menampilkan seluruh hasil seleksi sesuai jalur dan sekolah yang dipilih
7. Pada menu Search, ketik nama calon peserta didik untuk mengetahui apakah namanya terdapat dalam daftar penerima atau tidak.
8. Jika tersedia nama yang dicari untuk bersiap melakukan proses daftar ulang.

2. Kapasitas SMP negeri Kota Tangerang cuma 11 ribu siswa di PPDB 2023 ini

PPDB SMPN Kota Tangerang Berakhir, Ini Cara Cek Daftar Peserta LolosIlustrasi pelajar SMP Negeri.(Dok. SMP 5 Semarang)

Sebelunya, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang mengungkapkan, daya tampung SMP negeri tahun ajaran 2023/2024 sekitar 11 ribu kursi. Kuota ini tersebar di 34 sekolah.

Sementara itu, kata Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaluddin, lulusan SD diperkirakan mencapai 31.037 siswa. Maka dipastikan, seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada barisan siswa yang tidak masuk ke SMP negeri.

3. Warga yang tak lolos di sekolah negeri, dipersilakan masuk swasta

PPDB SMPN Kota Tangerang Berakhir, Ini Cara Cek Daftar Peserta LolosIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Meski demikian, dia meminta orangtua dan wali murid tidak risau karena Pemkot Tangerang telah menghadirkan program biaya pendidikan swasta gratis di 73 SMP/Mi swasta di Kota Tangerang.

"Jadi swasta bisa menjadi pilihan utama yang tak perlu dirisaukan lagi, negeri atau swasta itu sama saja,” kata Jamal, dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Dindik Akui Kapasitas PPDB SMPN di Kota Tangerang Cuma 11 Ribu Kursi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya