Pria Berbobot 200 Kg Dirujuk ke RSCM, Pakai Mobil Damkar

Cipto sebelumnya dirawat intensif RSUD Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Pasien penderita obesitas Cipto Raharjo berbobot 200 kilogram asal Kota Tangerang dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Sebelumnya, Cipto dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang. 

Cipto dibawa menuju ke RSCM pada Selasa (11/7/2023) dengan menggunakan mobil damkar milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang. 

1. Sebelum dibawa ke RSCM, Cipto diperiksa tim medis RSUD Tangerang

Pria Berbobot 200 Kg Dirujuk ke RSCM, Pakai Mobil DamkarIDN Times/Muhamad Iqbal

Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Kota Tangerang Amir Ali mengatakan, Cipto perlu penanganan efektif dan juga peralatan yang memadai serta dokter spesialis. Sebelum berangkat ke RSCM, dia diperiksa secara konprehensif. 

“Hasil uji lab-nya dalam batas normal. Kondisi stabil, bagus tidak ada kendala tadi juga proses pengangkutan cepat. Sebelum berangkat kita periksa semuanya dalam batas normal,” kata Amir, Rabu (12/7/2023).

2. Puluhan ribu warga Kota Tangerang derita obesitas

Pria Berbobot 200 Kg Dirujuk ke RSCM, Pakai Mobil Damkarilustrasi obesitas (freepik.com/jcomp)

Sebelumnya diberitakan, puluhan ribu orang di Kota Tangerang didiagnosa sebagai pengidap berat badan berlebih atau obesitas. Hal itu berdasar hasil skrining Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang yang dilakukan oleh seluruh puskesmas.

Berdasar temuan Dinkes Kota Tangerang ini, penyakit kegemukan yang terjadi rata-rata karena berlebihan kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak.

"Dari pemeriksaan awal sampai sekarang tercatat di laporan kami sekitar 20 ribuan orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Harmayani, dikutip Senin (10/7/2023).

2. Dua kasus obesitas hebohkan publik Kota Tangerang

Pria Berbobot 200 Kg Dirujuk ke RSCM, Pakai Mobil DamkarDok. RSUD Kota Tangerang

Ttercatat dua warga di Kota Tangerang mengidap obesitas dan mendapat perhatian publik. Pertama atas nama almarhum Muhammad Fajri (27), warga Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah. Dia memiliki bobot hingga 300 kilogram (kg).

Kedua adalah Cipto Raharjo (45). Warga Kunciran Indah, Kecamatan Pinang itu punya bobot berat badan sekitar 200 kg. "Dua yang sudah dirujuk. Itu yang mencuat di media aja," kata Harmayani.

Baca Juga: Fajri, Pria Obesitas dengan Berat 300 Kg Meninggal Dunia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya