PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!

Gubernur Wahidin ingin Banten zona hijau secara utuh

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tiga wilayah Tangerang Raya selama 14 hari ke depan. Wahidin mengatakan dalam perpanjangan PSBB ini pihaknya mempertimbangkan aspirasi masyarakat, salah satunya aspirasi agar ekonomi tetap berjalan.

Wahidin menegaskan, target Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Banten adalah warga masyarakat Banten sadar protokol kesehatan. Masyarakat Banten sadar akan tanggung jawabnya atas kesehatan diri masing-masing.

Baca Juga: Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning 

1. Gubernur ingin Banten masuk zona hijau secara utuh

PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!IDN Times/Khaerul Anwar

Wahidin menekankan, prinsip awal perpanjangan PSBB untuk membawa Provinsi Banten menjadi zona hijau seutuhnya serta memperketat pengawasan. "Jangan sampai diberikan kelonggaran menjadi pelanggaran," kata Wahidin dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/8/2020).

Perpanjangan PSBB dan penegakan hukum yang menyertainya, imbuhnya, harus mempertimbangkan aspirasi masyarakat. Meski kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi. tapi ada juga kelompok atau beberapa orang yang belum sadar sehingga harus menjadi perhatian.

"Kita perpanjang dengan beberapa tekanan atau catatan. Kita perpanjang dengan beberapa pengecualian atau kita cabut perpanjangan. Tergantung keyakinan kita," ungkap Gubernur Banten.

2. Wahidin minta screening COVID-19 digencarkan

PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!Senam pernapasan massal bagi survivor COVID-19 oleh Pemkot Surabaya, Sabtu (25/7/2020). Dok BPB dan Linmas Surabaya

Di sisi lain, Wahidin menilai bahwa perlu ada upaya karantina dan screening COVID-19 bagi warga yang datang dari luar Provinsi Banten untuk mencegah munculnya klaster baru.

Untuk mencegah klaster, dia juga berharap bupati dan wali kota bisa memantau dan menilai sarana kesehatan dan sarana properti pondok pesantren untuk buka kembali.

Sementara itu Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, dari data yang telah dipaparkan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, menjadi kabar baik terkait dengan penurunan kasus yang ada. Untuk penyebaran di tingkat nasional Provinsi Banten berada di peringkat 13 setelah pada minggu sebelumnya berada di peringkat ke 12.

3. Tiga kepala daerah Tangerang minta PSBB diperpanjang

PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah (ISTIMEWA)

Dalam keterangan tertulis itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar juga meminta PSBB tetap dilanjutkan dengan pelonggaran-pelonggaran tertentu. Dengan demikian, masyarakat tetap bisa beraktivitas dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Sementara itu, Wali kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkap, pihaknya sudah melakukan pengawasan ketat, memberikan izin operasional rumah ibadah yang telah menerapkan protokol kesehatan, mengizinkan mal, pusat perbelanjaan, restoran, kafe yang sudah menerapkan protokol kesehatan untuk kembali beroperasi.

Selain itu, imbuhnya, Pemkot Tangerang meluncurkan aplikasi Aman Bersama, serta menggelar operasi Aman Bersama dengan melibatkan seluruh pegawai Pemerintah Kota Tangerang.

Sedangkan Wali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan perpanjangan PSBB di wilayahnya fokus tehadap kedisiplinan masyarakat, Tangerang Selatan. Pemkot berusaha meyakinkan masyarakat bahwa protokol COVID-19 bukan hanya peraturan, tetapi menjadi kebiasaan baru yang harus dilakukan. 

4. Banten zona kuning

PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!Instagram.com/pemprov.banten

Diberitakan sebelumnya, Banten mengklaim masuk zona kuning setelah Tangerang Raya keluar dari zona merah per 8 Juli lalu. Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Pemprov Banten Ati Pramudji H menjelaskan, belum ada wilayah Banten yang masuk zona hijau. 

"Karena untuk mencapai zona hijau harus tidak ada kasus selama 4 minggu berturut-turut. Namun demikian untuk tingkat kecamatan ada beberepa kecamatan yang masuk ke dalam zona hijau yang tersebar di 8 kabupaten/kota Provinsi Banten," paparnya.

Baca Juga: Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning 

Baca Juga: PSBB Tangerang Raya Kembali Diperpanjang Hingga 26 Juli 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya