PTM SD Kota Tangerang Tahap Kedua, 180 Sekolah Dibuka  

Guru diminta bikin suasana belajar rileks dan tidak tegang

Kota Tangerang, IDN Times -  Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka 180 SD di Kota Tangerang, untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas tahap dua, Senin (1/11/2021). Sebelumnya, Dinas Pendidikan sudah membuka 45 SD untuk PTM tahap pertama.

Kepala Bidang SD Dindik Kota Tangerang Helmiati mengungkapkan, setelah melewati assessment, pengecekan protokol kesehatan dan memastikan para orangtua siswa, baik ibu dan ayahnya telah divaksinasi COVID-19.

"Maka, 180 SD ini telah ditetapkan atau diperbolehkan menggelar PTM Terbatas di tahap 2 ini. Totalnya, 225 SD dari 448 sekolah di Kota Tangerang telah PTM terbatas," ungkap Helmiati, Senin (1/11/2021).

Baca Juga: Vaksinasi di Kabupaten Tangerang Capai Target 70 Persen

1. Guru diminta memberi suasana tak menegangkan

PTM SD Kota Tangerang Tahap Kedua, 180 Sekolah Dibuka  Humas Pemkot Tangerang

Ia menjelaskan, pantauan pada PTM tahap satu masih banyak anak-anak yang tegang, takut atau tak terbiasa dengan aktivitas sekolah yang ketat akan protokol kesehatan.

Dengan itu, Helmiati pun mengimbau para guru atau sekolah untuk bisa berkreasi memberikan suasana sekolah yang menyenangkan.

2. Pembiasaan tatap muka di tingkat SD

PTM SD Kota Tangerang Tahap Kedua, 180 Sekolah Dibuka  ANTARA FOTO/Fauzan

Sehingga, anak-anak bisa perlahan terbiasa lebih dulu, dengan proses sekolah tatap muka saat ini.

"Bisa saja guru atau sekolah di waktu-waktu tertentu nyalain lagu menggunakan speaker, lakukan senam bersama atau nyanyi bersama," tutup Helmiati.

3. Cegah penularan COVID-19, kantin SD yang PTM gak boleh beroperasi

PTM SD Kota Tangerang Tahap Kedua, 180 Sekolah Dibuka  ANTARA FOTO/Fauzan

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang melarang kantin untuk beroperasi di SD yang menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaluddin menjelaskan alasan mengapa operasional kantin dilarang.

"Alasannya, karena murid SD dikhawatirkan bakal mengobrol dengan teman-temannya saat makan di kantin," kata Jamal, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Potret PTM Siswa SD di Kota Tangerang, Disiplin Prokes ya Dik!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya