Ratusan Masjid di Tangsel Adakan Salat Berjamaah

Beberapa belum terapkan physical distancing

Tangerang Selatan, IDN Times - Tempat ibadah mulai diperbolehkan terbuka untuk publik dalam masa transisi menuju new era. Warga Tangerang Selatan (Tangsel) tampak sangat antusias untuk kembali menunaikan ibadah salat Jumat pertama, hari ini, setelah larangan salat berjamaah karena pandemik COVID-19.

Sebelumnya diketahui, selama berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) se- Tangerang Raya, masjid-masjid tidak diperkenankan untuk menggelar aktivitas apapun yang menimbulkan keramaian di dalam masjid. Selama pembatasan sosial itu, warga diminta beribadah di rumah. 

Baca Juga: Jelang New Normal, Mal di Tangerang Diharap Persiapkan Diri 

1. Jamaah mengaku senang bisa kembali lakukan salat Jumat berjamaah

Ratusan Masjid di Tangsel Adakan Salat BerjamaahIlustrasi penerapan normal baru di masjid. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sejak keluarnya surat edaran Menteri Agama nomor 15 tahun 2020 tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman COVID-19 di masa pandemik, maka tempat ibadah sudah diperbolehkan untuk dibuka.

Seperti yang diungkapkan warga Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten yang merasa bahagia setelah selesai melaksanakan salat jumat di Masjid Jami Ainul Yaqin, Pakualam, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Salah seorang jemaah, Eka Huda mengungkapkan rasa syukurnya atas kembali dibuka nya masjid-masjid untuk kegiatan keagamaan.

"Semoga dengan salat ini, Covid segera pergi dari negeri ini," terangnya kepada IDN Times, Jumat (5/6).

2. Beberapa masjid belum terapkan physical distancing

Ratusan Masjid di Tangsel Adakan Salat BerjamaahIDN TImes/dokumentasi Eka Huda

Senada dengan Eka, jamaah lain bernama Rizal juga sangat berterima kasih kepada pemerintah atas diperbolehkannya kembali sholat berjamaah di masjid.

"Sangat kangen mas, alhamdulillah udah boleh buka, tadi padet tapi tetep jaga jarak," tutupnya.

Meski begitu dalam foto-foto yang dikirimkan warga kepada jurnalis IDN Times salah satu masjid di wilayah Serpong Utara terlihat dipadati jamaah tanpa memberi jarak seperti anjuran protokol kesehatan.

3. Seratus lebih masjid jalankan kembali salat Jumat berjamaah

Ratusan Masjid di Tangsel Adakan Salat BerjamaahDok. Humas Pemprov Jateng

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tangsel, Abdul Rojak menyebut, hari ini (5/6) ratusan masjid di wilayah kota Tangsel kembali melakukan salat Jumat berjamaah.

"Yang sudah mengajukan 50 yang mengajukan, tapi bertambah cepat dan masif pengajuannya, sekarang mungkin sekitar di atas 100 yang mengadakan salat Jumat," kata Rojak saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Tempat Ibadah di Tangerang Dibuka Bertahap

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya