Realisasi PBB dan BPHTB di Kabupaten Tangerang Tumbuh di Atas Rp500 M

Zaki ucapkan terima kasih kepada warga yang bayar pajak

Tangerang, IDN Times - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang mencatat, realisasi penerimaan pajak bumi dan bea tahun 2022 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Komponen yang meningkat itu adalah pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Kata Kepala Bidang PBB P2 dan BPHTB pada Bapenda Kabupaten Tangerang, Dwi Chandra Budiman.

“Hingga bulan Desember ini, realisasi PBB-P2 telah mencapai Rp572 miliar atau tumbuh kurang lebih 24 persen dari tahun 2021 yang mencapai Rp467 miliar. Sedangkan untuk BPHTB sudah mencapai Rp1,3 triliiun atau tumbuh dibanding tahun 2021 yakni sebanyak Rp957 miliar,” kata Dwi pada Selasa (20/12/2022).

1. Realisasi pajak terus meningkat dari tahun ke tahun

Realisasi PBB dan BPHTB di Kabupaten Tangerang Tumbuh di Atas Rp500 MIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Dwi mengatakan, capaian peningkatan pendapatan dari sektor PBB-P2 dan BPHTB dapat dilihat dari tahun ke tahun. Seperti pada tahun 2019 realisasi pajak berada di angka Rp1,2 triliun.

“Untuk capaian pajak dari sektor PBB-P2 dan BPHTB di tahun 2022 sudah berada di angka Rp1,8 triliiun. Kalau diakumulasi dan melihat dari tahun 2019 ada peningkatan mencapai 50 persen,” ungkapnya.

Pencapaian ini, kata dia,  berkat kerja sama semua pihak, utamanya perhatian penyediaan fasilitas, arahan dan kebijakan dari Pemkab Tangerang. 

2. Banyak program yang dilakukan

Realisasi PBB dan BPHTB di Kabupaten Tangerang Tumbuh di Atas Rp500 MIlustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi mengatakan, pihaknya juga akan terus memaksimalkan potensi pajak dengan penagihan, pemutihan pajak PBB, dan lain sebagainya. Sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Upaya jemput bola, relaksasi pajak melalui program April Hoki, Mei Asyik, Semangat Juni, September Gemilang dan Oktober Bangkit telah dilakukan tahun ini dan dirasakan oleh masyarakat dengan nilai insentif PBB n BPHTB kurang lebih Rp90 miliar. Mudah-mudahan semuanya bisa optimal,” kata dia.

3. Zaki ucapkan terima kasih

Realisasi PBB dan BPHTB di Kabupaten Tangerang Tumbuh di Atas Rp500 MBupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kunjungi Kantor IDN Media HQ pada Senin (20/9/2022). (IDN Times/Alya Achyarini)

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menunaikan kewajiban pajaknya.

Menurut Zaki, pajak yang telah ditunaikan masyarakat tersebut sangat bermanfaat untuk pembangunan di Kabupaten Tangerang. Dia juga berharap Bapenda Kabupaten Tangerang bisa terus berinovasi dalam rangka memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

"Pajak itu dari, oleh dan untuk masyarakat. Pajak yang dibayarkan itu nantinya dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk program-program pembangunan," kata dia.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya