Rp45 M Bantuan Provinsi Dialokasikan untuk Bangun RSUD Tangsel

Seminggu sekali, pemkot lapor keuangan ke Kemendagri

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyebut, bantuan dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk penanganan COVID-19, telah digeser untuk pembangunan Gedung III Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangsel.

Bantuan yang tertuang dalam Keputusan Gubernur nomor 978/Kep.135-Huk/2020 tentang Pemberian Bantuan Keuangan yang bersifat khusus kepada Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten tahun anggaran 2020 itu dialokasikan untuk penanganan COVID-19.

Baca Juga: Dalam Sehari, Ribuan Orang Lapor Kena PHK ke Disnaker Tangsel  

1. Duit Rp45 miliar dari provinsi untuk bangun gedung III RSUD Tangsel

Rp45 M Bantuan Provinsi Dialokasikan untuk Bangun RSUD TangselANTARA FOTO/Fauzan

Bantuan dari Pemprov Banten itu nilainya Rp45 miliar. Airin sendiri mengatakan bahwa dana itu sudah lama diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel.

"Udah lama itu (Bantuan Khusus dari Provinsi Banten). Itu untuk bangun RSUD gedung III," kata Airin, Selasa (14/4).

2. Setiap pekan, Pemkot berikan lapor keuangan ke Kemendagri

Rp45 M Bantuan Provinsi Dialokasikan untuk Bangun RSUD TangselIDN Times/Kemendagri

Airin menegaskan bahwa setiap bantuan yang diterima oleh Pemkot Tangsel selalu dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) setiap pekan.

"Semua pergeseran anggaran, baik bantuan atau anggaran yang dimiliki pemkot kita laporkan setiap minggu ke Kemendagri. Dalam rangka, kita gak berani (sembarangan menggunakan anggaran)," kata Airin.

3. Untuk percepatan, laporan ke DPRD Tangsel bersifat pemberitahuan

Rp45 M Bantuan Provinsi Dialokasikan untuk Bangun RSUD TangselIDN Times/Muhamad Iqbal

Airin menjelaskan kalau soal pergeseran anggaran, laporan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel sifatnya hanya pemberitahuan. "Karena mempercepat. Tapi tetap nanti kita laporan ke DPRD," kata Airin.

Seperti diketahui, Pemkot Tangsel sendiri telah melakukan pergeseran anggaran lebih dari Rp100 miliar lebih, belum lagi ditambah bantuan khusus dari Gubernur Banten sebesar Rp45 miliar guna penanganan COVID-19.

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya