Sejumlah Ruas Jalan Lebak dan Pandeglang Rawan Longsor di Musim Hujan

Ini ruas jalan yang rawan longsor. Cek ya~

Lebak, IDN Times - Sejumlah ruas jalan di wilayah selatan Banten, yakni Kabupaten Lebak dan Pandeglang, dinilai rawan terdampak bencana longsor saat memasuki musim peghujan. Wilayah tersebut akan diawasi intensif. 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten, Arlan Marzan.

"Kalau Tangerang Raya aman, karena kita sudah melakukan beberapa strategi mulai dari penurunan situ-situ seperti situ Cipondoh, kemudian Kelapa Dua dalam rangka untuk memberi tampungan lebih besar. Jadi tinggi muka airnya sudah kita turunkan,” kata Arlan, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Pandeglang Paling Rawan Soal Netralitas ASN di Banten

1. Ini ruas jalan yang rawan longsor

Sejumlah Ruas Jalan Lebak dan Pandeglang Rawan Longsor di Musim HujanIDN Times/Muhamad Iqbal

Arlan merinci, beberapa titik ruas jalan Lebak dan Pandeglang yang rawan longsor meliputi jalan Malingping-Bayah-Cibeber, Cipanas-Lebakgedong-Citorek, Warung Banten, Cimarga-Lewidamar, Sajira-Muncang-Sobang, hingga Picung-Munjul.

Pihaknya, kata Arlan, telah menyiapkan sejumlah alat berat dan personel tanggap darurat untuk mengantisipasi bencana longsor di wilayah Banten selatan.

“Kita udah minta kepala UPT untuk segera memobilisasi para penilik jalan untuk monitoring, termasuk nanti persiapan-persiapan terkait alat berat. Penempatannya nanti akan kami sesuaikan dari hasil monitoring penilik,” kata dia.

2. Warga Lebak juga diminta mewaspadai puting beliung

Sejumlah Ruas Jalan Lebak dan Pandeglang Rawan Longsor di Musim HujanIlustrasi dampak angin puting beliung. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengimbau masyarakat untuk waspada bencana angin puting beliung, memasuki musim hujan.

"Biasanya di transisi ini terjadinya adalah pohon tumbang, angin kencang, aktivitas Sambaran petir cukup tinggi, hujan dengan intensitas tinggi dan tiba-tiba," kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama, Kamis (9/11/2023).

3. Sudah ada 6 kejadian pohon tumbang di tahun ini

Sejumlah Ruas Jalan Lebak dan Pandeglang Rawan Longsor di Musim HujanIlustrasi. ANTARA FOTO/Seno

Yang perlu diwaspadai, menurut Febby, adalah bencana angin puting beliung dan juga pohon tumbang. Sebab, di tahun 2023 ini saja sudah ada enam kejadian pohon tumbang menimpa rumah.

"Dan yang terakhir (waspada) genangan terutama di perkotaan karena hujan cukup tinggi kemungkinan drainase nya masih banyak sampah dan sebagainya biasanya akan terjadi banjir. Tapi yang jelas yang perlu diwaspadai adalah angin puting beliung," kata dia.

Baca Juga: Banten Ranking 1 Soal Pengangguran, Sekda Banten Ragukan Data BPS

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya