Seniman Mancanegara Bakal Percantik Tembok Kumuh di Tangerang

Pelaksanaannya di festival The Epicentrum Art Festival

Tangerang, IDN Times - Seniman mural dan grafiti dari lima negara bakal mempercantik tembok-tembok kumuh di sepanjang Jalan Raya Legok. Seniman mural dan grafiti itu, antara lain, berasal dari Malaysia, Thailand, Filipina dan Korea Selatan. 

Mereka telah mengonfirmasi akan melukis tembok-tembok kumuh mulai dari Legok hingga Islamic pada September mendatang.

Baca Juga: Tangerang Jadi Salah Satu Pilihan Mahasiswa Asing untuk Kuliah

1. Panitia masih menunggu kepastian seniman dari Ukraina

Seniman Mancanegara Bakal Percantik Tembok Kumuh di TangerangIlustrasi kampanye menggunakan masker. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat menerima audensi panitia festival The Epicentrum Art Festival di Pendopo Bupati, Jumat (25/8/2023).

"Empat dari lima artis mural dan grafiti dari Malaysia, Thailand, Filipina dan Korsel sudah menyatakan akan datang ke Legok untuk melukis di dinding di sepanjang jalan Raya Legok. Kami masih menunggu kepastian kehadiran satu artis dari Ukraina," kata Zaki.

2. Ini menjadi bagian dalam pembangunan kawasan tersebut

Seniman Mancanegara Bakal Percantik Tembok Kumuh di TangerangMahasiswa jurusan seni yang tergabung dalam Komunitas Mural-Marul melukis mural di Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020). Mereka mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Zaki mengatakan, selain merehabilitasi Jalan Raya Legok yang rusak dengan konstruksi cor beton tetapi juga mempercantiknya dengan karya lukisan mural dan grafiti di tembok-tembok yang ada di sepanjang Jalan Raya Legok tersebut.

"Selain rehabilitasi jalan, nanti akan dilanjutkan dengan pembangunan padestrian. Lalu, tembok sisi kanan dan kiri jalan, akan dipercantik oleh para seniman mural dan grafiti. Nantinya, jalan raya Legok akan menjadi lebih indah dengan gambar dan lukisan mural dan grafiti," tuturnya.

3. Digelar 10 September mendatang

Seniman Mancanegara Bakal Percantik Tembok Kumuh di TangerangBupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kunjungi Kantor IDN Media HQ pada Senin (20/9/2022). (IDN Times/Rendy Septian Anwar)

Sementara itu, Sekretaris Festival The Epicentrum Art Festival, Mukahfi Solihin mengatakan, festival mural atau lukisan dinding rencananya akan digelar pada  tanggal 10 September mendatang dan saat ini persiapannya sudah 80 persen.

"Untuk artis dari Tangerang ada 25 orang, totalnya kurang lebih akan ada 100 artis mural dan grafiti dari Kalimantan, Papua, Ambon, Bukit Tinggi, dan Jambi sudah mengonfirmasi bakal hadir ke Tangerang dan akan melukis di tembok di Jalan Raya Legok," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Akui Kualitas Udara di Kota Tangerang Kurang Baik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya