Tangsel Masuk Zona Merah Lagi, Airin: Kasus Kematian Meningkat! 

Kabupaten Tangerang juga zona merah

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten merilis data ter-update kasus COVID-19 di Provinsi Banten, Senin (12/10/2020). Dalam rilis tersebut, Pemprov memastikan bahwa Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Tangerang kembali berada di zona merah penyebaran COVID-19.

Berdasar data Pemprov Banten, 63 orang di Tangsel masih menjalani perawatan, 1.198 sembuh dan 65 orang meninggal dunia. Sementara untuk data kontak erat (KE) di Tangsel ada di angka 5.776 untuk kasus suspect (KS) berada di angka 3.512. Sebagaimana diketahui Tangsel sendiri merupakan salah satu daerah yang menjalankan Pilkada serentak.

Sementara untuk sisa enam daerah lain di Banten, kini berada pada status zona oranye.

Baca Juga: Pemkot Serang perpanjang PSBB hingga 20 Oktober 2020

1. Airin: faktor utama masuk zona merah karena kematian meningkat

Tangsel Masuk Zona Merah Lagi, Airin: Kasus Kematian Meningkat! IDN Times/Muhamad Iqbal

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany menyebut, faktor utama Tangsel kembali masuk zona merah adalah mortalitas atau angka kematian yang meningkat.

"Faktor dari ada, kalau tadi sih saya tanya, itu faktor dari angka kematian dari yang positif COVID-19," kata Airin, Selasa (13/10/2020).

2. Airin harap produksi alat tracking dalam negeri segera digenjot

Tangsel Masuk Zona Merah Lagi, Airin: Kasus Kematian Meningkat! Para remaja yang diamankan dilakukan rapid test. IDN Times/ Alfi Ramadana

Airin mengklaim, tracking kasus di Tangsel sendiri sudah melebihi standar organisasi kesehatan dunia atau WHO. Kini dia berharap agar pemerintah segera menggenjot alat tracking dalam negeri agar kasus mudah terpetakan.

"Tapi intinya bagaimana kita membuat rapid test, test tracking bisa cepat, sehingga dari hasil test tracking ini bisa cepat. Mudah-mudahan produk dalam negerinya, rapid antigen bisa dibuat sendiri," kata dia.

3. Kabupaten Tangerang juga masuk zona merah

Tangsel Masuk Zona Merah Lagi, Airin: Kasus Kematian Meningkat! IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu berdasar data Provinsi Banten di Kabupaten Tangerang yang juga masuk zona merah 635 orang masih dirawat, 1.142 sembuh dan 45 orang meninggal dunia. Sementara untuk data kontak erat (KE) ada di angka 6.709 untuk kasus suspect (KS) berada di angka 2.977.

Baca Juga: Kembali Zona Merah, Rumah Singgah OTG di Tangerang Terisi 82 Pasien

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya