Ubah Limbah Jadi Uang, Bank Sampah Darling dapat Pernghargaan KLHK

Apa saja inovasi yang mereka lakukan? Yuk simak

Kota Tangerang, IDN Times - Bank Sampah Unit Darling meraih predikat Bank Sampah Terbaik tahun 2023. Bank Sampah asal Ciledug, Kota Tangerang itu memiliki sejumlah inovasi sehingga limbah bisa menjadi uang.

Bank Sampah Unit Darling yang berada di RT 04/RW11, Kelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug itu, mendapat penghargaan dari  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI). .

"Ini suatu kebanggaan juga untuk kami karena bisa mewakili Kota Tangerang sampai ke tingkat nasional," kata Ketua Bank Sampah Unit Darling, Sobirin pada Rabu (14/6/2023).

Baca Juga: Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!

1. Apa kriteria yang dimenangkan?

Ubah Limbah Jadi Uang, Bank Sampah Darling dapat Pernghargaan KLHKIIustrasi sampah (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sobirin mengatakan, kriteria-kriteria yang dinilai pada penghargaan ini di antaranya adalah administrasi bank sampah seperti pencatatan, keuangan, jumlah nasabah, berapa sampah yang ditampung, perputaran ekonomi, pemanfaatan sampah, hingga inovasi sosial.

Penghargaan ini pun menjadi amanat bagi Bank Sampah Unit Darling agar tetap memaksimalkan pengolahan dan pemanfaatan sampah yang ada.

2. Inovasi ini bagaimana sampah bisa menghasilkan uang

Ubah Limbah Jadi Uang, Bank Sampah Darling dapat Pernghargaan KLHKilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Inovasi sosial ini, kata Sobirin, yang dinilai bagaimana pihaknya memanfaatkan sampah agar dapat menghasilkan uang. Contohnya memanfaatkan kulit nanas menjadi tepache, minuman probiotik dan kemudian dijual.

"Lalu, kami juga membagikan voucher dan kupon belanja bagi nasabah yang sudah setor sampah untuk berbelanja di UMKM lingkungan sekitar. Jadi, intinya bagaimana bank sampah dapat bermanfaat bagi lingkungan bukan hanya sekadar mengumpulkan sampah," kata dia.

3. Pemkot Tangerang harap penghargaan ini jadi contoh yang lainnya

Ubah Limbah Jadi Uang, Bank Sampah Darling dapat Pernghargaan KLHKIlustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar Sopian mengatakan bahwa Bank Sampah Unit Darling ini agar menjadi contoh bagi bank sampah lainnya di Kota Tangerang.

"Tentu kami berharap agar ini menjadi semangat bagi bank sampah lainnya yang ada di Kota Tangerang. Kami juga akan terus memaksimalkan pendampingan, bimbingan dan juga pelatihan-pelatihan pemanfaatan sampah bagi bank sampah di Kota Tangerang," kata dia.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya