Walkot Tangerang: Kesadaran Warga Soal Protokol Kesehatan Menurun

Pegawai Pemkot diminta gencar sosialisasi pencegahan

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta agar seluruh pegawai di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang selalu menyosialisasikan protokol pencegahan COVID-19 di masyarakat lantaran semakin berkurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan sampai lengah dan merasa sudah aman, karena faktanya masih ada yang terpapar COVID-19," kata Arief, Rabu (5/8/2020).

1. Arief takut kasus meningkat karena klaster kantor

Walkot Tangerang: Kesadaran Warga Soal Protokol Kesehatan MenurunKlaster Perkantoran DKI (IDN Times/Sukma Shakti)

Arief mengatakan, upaya peningkatan kedisiplinan ini terkait juga dengan meningkatnya kasus COVID-19 di Kota Tangerang. Adanya klaster baru dari perkantoran membuat Pemkot Tangerang membuat surat edaran yang isinya mengenai penerapan protokol kesehatan dengan membuat ventilasi udara agar sirkulasi berjalan dengan baik.

"Gunakan alat makan dan alat tulis sendiri, rajin cuci tangan, jaga jarak dan jaga imunitas dengan berolahraga," kata dia.

Baca Juga: Cegah Klaster, Arief Minta Perkantoran Benahi Ventilasi Udara

2. Patroli kesadaran protokol bakal ditingkatkan lagi

Walkot Tangerang: Kesadaran Warga Soal Protokol Kesehatan MenurunIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Camat Karawaci Tihar Sopian menambahkan, peningkatan kewaspadaan sebagai tindak lanjut dari instruksi Wali Kota yakni dengan mengadakan patroli wawasan ke masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan.

Dengan menggunakan mobil dan sepeda motor, petugas yang dilengkapi dengan pengeras suara memberikan imbauan kepada warga.

Selain itu, petugas juga melakukan pengawasan di pasar tradisional. Kecamatan Karawaci telah membuat pos pantau yang berada di pasar tradisional.

3. Upaya lain adalah menggunakan satgas tingkat RT/RW

Walkot Tangerang: Kesadaran Warga Soal Protokol Kesehatan MenurunSituasi Stasiun Bogor pada hari pertama PSBB Transisi Jakarta (Dok. Istimewa)

Upaya lainnya adalah dengan bersama Satgas RT/RW dalam memberikan sosialisasi dan juga pemberian sanksi sosial kepada warga yang melanggar aturan protokol kesehatan.

"Operasi aman bersama yang kami terus lakukan setiap hari, memberikan sanksi kepada warga yang terjaring razia tak menggunakan masker," ujarnya.

Baca Juga: Bioskop di Kota Tangerang Batal Beroperasi Kembali 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya