Warga Kota Tangerang Diharap Gak Ragu Cek Kesehatan Mental di RSUD

RSUD Kota Tangerang miliki layanan Poli Jiwa

Kota Tangerang, IDN Times - Memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia pada 10 September, masyarakat Kota Tangerang diminta lebih memperhatikan kesehatan mental dan tak ragu untuk konsultasi ke Poli Jiwa RSUD Kota Tangerang.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang OU Taty Damayanti mengatakan, RSUD Kota Tangerang memiliki layanan Poli Jiwa untuk menangani dan memeriksa pasien yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Masyarakat juga tidak perlu ragu atau takut untuk memeriksakan kesehatan mentalnya kepada tenaga kesehatan profesional yang ada di RSUD Kota Tangerang.

"Kesehatan mental memang masih banyak yang belum menyadari bahwa itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita. Tetapi, banyak juga generasi muda yang sudah sadar pentingnya kesehatan mental," ungkapnya, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Kabupaten Tangerang dan Serang Segera Tetapkan Darurat Kekeringan

1. Apa saja gangguan mental?

Warga Kota Tangerang Diharap Gak Ragu Cek Kesehatan Mental di RSUDilustrasi depresi (pixabay.com/HolgersFotografie)

Taty mengatakan, beberapa gangguan kesehatan mental di antaranya adalah depresi, kecemasan berlebihan, halusinasi, hingga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri atau percobaan bunuh diri.

"Jika memiliki beberapa gejala-gejala yang mengganggu produktivitas sehari-hari agar secepatnya mendatangi fasilitas layanan kesehatan," ungkapnya.

2. Ayo periksa ke RSUD, jangan mendiagnosa sendiri

Warga Kota Tangerang Diharap Gak Ragu Cek Kesehatan Mental di RSUDIlustrasi depresi (pexel)

Jangan sampai, lanjut Taty, mendiagnosa diri sendiri dengan gangguan kesehatan mental tertentu setelah hanya membaca dari internet.

Segera datangi atau cari bantuan dari profesional yang memang ahlinya. Salah satunya, dapat mengunjungi RSUD Kota Tangerang.

"Sehingga, dapat diketahui apa penyebab sebenarnya dan tindakan yang tepat untuk penanganannya," kata dia.

3. Yuk lebih aware sama kesehatan mental

Warga Kota Tangerang Diharap Gak Ragu Cek Kesehatan Mental di RSUDilustrasi gangguan mental (pexels.com/Julia Mourão Missagia)

Diharapkan, masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan mental baik diri sendiri, keluarga, dan kerabat terdekat. Selain itu, RSUD Kota Tangerang siap melayani permasalahan kesehatan masyarakat baik fisik maupun psikis dengan maksimal.

"Kami tentu berharap, masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan mental. Baik kesehatan fisik dan mental sama pentingnya. Jika ingin berkonsultasi dan memeriksakan diri silahkan kunjungi RSUD Kota Tangerang, kami siap membantu dan melayani masalah kesehatan baik fisik maupun psikis," harap Taty.

Baca Juga: 7 Daftar Lokasi Pasar Modern di Tangerang Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya