Bandara Soetta Perketat Pengamanan Jelang Pelantikan Jokowi

Tamu negara direncanakan datang melalui Bandara Soetta

Tangerang, IDN Times - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, memperketat pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Waki Presiden RI periode 2019-2024, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Langkah ini dilakukan karena sejumlah tamu negara diagendakan datang melalui Bandara Soetta.

Bandara juga sudah mempersiapkan penambahan petugas keamanan di Terminal 1 dan sejumlah daerah VIP, dengan menerjunkan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau setara 100 personel dari TNI Angkatan Udara.

Baca Juga: [FOTO] Jelang Pelantikan Jokowi, Gedung DPR/MPR Bersolek

1. Memperketat pengawasan lalu lintas barang, orang, dan kendaraan

Bandara Soetta Perketat Pengamanan Jelang Pelantikan JokowiIDN Times/Candra Irawan

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang menjelaskan, pihaknya juga memperketat pengawasan lalu lintas barang, orang, dan kendaraan yang masuk dan keluar daerah VIP. Sekaligus melakukan koordinasi pengamanan dengan berbagai instansi terkait seperti Setpres, Kemenlu, dan khususnya TNI-Polri.

"Karena direncanakan ada beberapa tamu negara yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019 mendatang. Kami juga melakukan pengecekan peralatan keamanan dan keselamatan secara lebih intensif agar peralatan tersebut dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

2. Patroli keamanan otomatis meningkat

Bandara Soetta Perketat Pengamanan Jelang Pelantikan JokowiIDN Times/Candra Irawan

Febri mengatakan, dengan random check (pemerisaan acak) Bandara meningkatkan penelitian pemeriksaan keamanan terhadap objek barang, orang, dan kendaraan baik di sisi darat maupun sisi udara.

"Terlebih patroli keamanan juga sudah secara otomatis meningkat dengan adanya personel gabungan dari TNI-Polri," ujarnya.

3. Bandara kerahkan 3.899 pasukan pengamanan

Bandara Soetta Perketat Pengamanan Jelang Pelantikan JokowiIDN Times/Candra Irawan

Febri menambahkan, sampai saat ini total ada 3.899 pasukan pengamanan di Bandara Soetta yang terdiri dari Aviation Security dan BKO TNI.

"Peningkatan keamanan di Bandara Soetta akan berlangsung hingga 21 Oktober 2019 mendatang," ucap Febri.

Baca Juga: 800 Personel Polresta Tangerang Siaga Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya