Comscore Tracker

Jalan Daan Mogot Ambles, Ini Jalur Pengalihan Arus Lalu Lintas

Antrean kendaraan arah Jakarta mengular

Tangerang, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Banten, menutup Jalan Daan Mogot yang amblas, Minggu (12/1). Dishub juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar perbaikan badan jalan yang ambles.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerjunkan satu unit alat berat, untuk memperbaiki jalan yang ambles tersebut.

1. Pengalihan arus lalu lintas untuk membantu proses perbaikan jalan ambles

Jalan Daan Mogot Ambles, Ini Jalur Pengalihan Arus Lalu LintasIDN Times/Candra Irawan

Kepala Dishub Kota Tangerang Wahyudi Iskandar menjelaskan, pengaturan arus lalu lintas menjadi prioritas, guna membantu proses perbaikan jalan ambles yang tengah berlangsung. Apalagi, Jalan Daan Mogot merupakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Banten dengan DKI Jakarta.

"Di jalur Daan Mogot dari arah Jakarta menuju Tangerang kami alihkan arusnya menuju Jalan Lio Baru, dan kami berlakukan satu arah menuju Jalan Lio Baru. Karena pertama untuk mempercepat progress pekerjaan saluran gorong-gorong yang memang sudah dieksekusi pada pukul 15.00 tadi," kata dia kepada IDN Times di lokasi kejadian, Tangerang, Banten, Minggu (12/1).

Baca Juga: Warga Terdampak Longsor Desa Cileuksa Sukajaya Bogor Trauma Hujan

2. Antrean kendaraan mulai mengular

Jalan Daan Mogot Ambles, Ini Jalur Pengalihan Arus Lalu LintasIDN Times/Candra Irawan

Pantauan IDN Times Minggu sore, lubang yang sebelumnya menganga selebar 2,5 meter itu diperlebar menggunakan alat berat hingga terlihat beberapa pipa. Air yang diduga berasal dari pipa Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR) milik Kabupaten Tangerang itu, mengalir deras di lubang tersebut.

Antrean kendaraan dari arah Tangerang menuju Jakarta juga tampak mengular di sisi kanan jalan yang tidak ambles, dengan kecepatan laju kendaraan berada di bawah 10 kilometer per jam. Sejumlah petugas Dishub dan kepolisian juga tampak mengatur lalu lintas.

3. Jalan Daan Mogot arah Jakarta-Tangerang ditutup total

Jalan Daan Mogot Ambles, Ini Jalur Pengalihan Arus Lalu LintasIDN Times/Candra Irawan

Wahyudi menjelaskan, jalur Tangerang arah Jakarta yang ambles ditutup hingga proses perbaikan rampung, sementara untuk sisi kanan jalan akan diberlakukan sistem satu arah. Rencananya proses perbaikan tersebut akan memakan waktu hingga tujuh hari kedepan.

"Tapi selama pekerjaan berlangsung baik lajur kiri dan kanan tetap harus diberlakukan rekayasa dan untuk kendaraan yang besar dan kecil, itu semua melintas Lio Baru dan begitu juga arah sebaliknya. Untuk arah Stasiun Tangerang atau Stasiun Batu Ceper bisa digunakan kendaraan kecil dan untuk kendaraan besar tidak bisa," ujar dia.

4. Ini rekayasa lalu lintas dari Dishub Kota Tangerang

Jalan Daan Mogot Ambles, Ini Jalur Pengalihan Arus Lalu LintasIDN Times/Candra Irawan

Berikut rekaya lalu lintas dari Dishub Kota Tangerang bersama aparatur terkait :

1. Dilakukan penutupan jalan Daan Mogot di titik JPO Agus Salim jalur arah Jakarta - Tangerang

2. Melakukan pengaturan sistem satu arah untuk Jalan Daan Mogot arah Tangerang - Jakarta mulai simpang tanah tinggi sampai dengan simpang Batu Ceper serta Jalan Lio Baru arah Jakarta - Tangerang

3. Arus lalin Jakarta-Tangerang untuk kendaraan kecil dialihkan ke Jalan Lio Baru, Jalan Agus Salim dan Jalan Suprapto

4. Arus lalin Jakarta-Tangerang untuk kendaraan besar dialihkan ke Jalan Lio Baru

5. Arus Lalin Tangerang-Jakarta menggunakan Jalan Daan Mogot (jalur sisi utara) baik kendaraan besar atau kecil.

Baca Juga: Jalan di Daan Mogot Ambles Sedalam 2,5 Meter Akibat Hujan Deras

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You