Diganti Didik Heriyanto, Kombes Shinto Jabat Atase Polri di Jerman 

Impian Shinto sejak lama menjadi diplomat kepolisian

Serang, IDN Times - Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga dalam waktu dekat akan melepaskan jabatannya. Perwira menengah Polri tersebut akan ditugaskan sebagai Atase Kepolisian pada Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman.

Jabatan lama Shinto sebagai Kabid Humas Polda Banten akan ditempati oleh AKBP Didik Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolresta Banyuwangi, Polda Jawa Timur.

Upacara serah terima jabatan akan digelar Kamis 19 Januari 2023, bersama 9 pejabat utama lainnya di Polda Banten.

Baca Juga: Mangkir di Sidang Nikita Mirzani, Dito Dilaporkan ke Polda Banten

1. Shinto: impian sejak lama menjadi diplomat kepolisian

Diganti Didik Heriyanto, Kombes Shinto Jabat Atase Polri di Jerman Dok. Istimewa/Polda Banten

Shinto mengaku, menjadi seorang diplomat kepolisian di Kedubes Jerman merupakan impiannya sejak lama. Saat ada pembukaan seleksi terbuka Mabes Polri untuk penempatan Atase Polri di Jerman, ia tak berpikir panjang langsung ikut dalam seleksi dan bersaing dengan peserta lain.

Pengalamannya yang pernah mendapat beasiswa Bundes Kriminal Ampt Badan Reserse Nasional Kepolisian Jerman untuk pelatihan pada 2004 dan 2013.

"(Saya) punya nilai tambah pernah ke sana sehingga itu yang kita jual memaparkan tentang situasi di Jerman," kata Shinto, Rabu (18/1/2023).

2. Hanya ada 11 anggota Atase Polri di seluruh dunia

Diganti Didik Heriyanto, Kombes Shinto Jabat Atase Polri di Jerman Dok. IDN Times/bt

Dia mengatakan, Polri hanya memiliki 11 anggota Atase Kepolisian di seluruh dunia, dua diantaranya berpangkat jenderal dan sembilan berpangkat kombes.

Di Eropa hanya ada di Belanda dan Jerman. Paling banyak penempatan Asia, termasuk Turki Bangkok, Malaysia Singapura, Filipina Australia dan Arab Saudi serta Amerika Serikat.

"Maka lulus dalam open biding seleksi terbuka yang diselenggarakan Mabes Polri merupakan kebanggaan khusus dari rangkaian seleksi 2 minggu," katanya.

3. Shinto berharap pejabat baru dapat cepat beradaptasi

Diganti Didik Heriyanto, Kombes Shinto Jabat Atase Polri di Jerman Dok. Istimewa/Polda Banten

Kemudian dia berharap, kepada pejabat baru yang menggantikannya di Bidang Humas Polda Banten dapat cepat beradaptasi sehingga komunikasi dengan jurnalis dan masyarakat dapat segera terbangun.

"Sistem kerja sudah jalan jadi dalam organisasi, mana yang kurang dapat diperbaiki sehingga layanan info publik maksimal,' katanya.

Baca Juga: Selama 6 Bulan, Warga Miskin di Banten Naik 15 Ribu Orang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya