Kereta Api Lokal Sudah Kembali Beroperasi Sampai Stasiun Merak

Sebagian pemudik kembali ke Jakarta pakai kereta

Serang, IDN Times - Stasiun Merak sudah kembali dibuka melayani naik turun penumpang kereta api lokal. Sebelumnya, Kereta api lokal Merak - Rangkasbitung itu hanya bisa melayani sampai ke stasiun Cilegon saja.

"Jadi mulai tanggal 10 April 2024 kemarin sudah kembali ke (Stasiun) Merak," kata Kepala Dinas Perhubungan Banten Tri Nurtopo, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Layanan KA Angkut Motor Gratis Hadir di Stasiun Cilegon

1. Perjalanan KA lokal Merak-Rangkasbitung sudah normal

Kereta Api Lokal Sudah Kembali Beroperasi Sampai Stasiun MerakPenumpang kereta api di stasiun Daop 4 Semarang. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Tri mengungkapkan, penghentian sementara operasional Stasiun Merak untuk mengurai kepadatan saat puncak arus mudik Lebaran 2024 kemarin. Saat ini, kata dia, perjalanan sudah kembali normal.

"Penumpang sudah bisa naik turun di Stasiun Merak," katanya.

Baca Juga: Mulai 3 April, Kereta Api Merak Hanya Sampai Stasiun Cilegon

2. Pengguna bisa memesan tiket H-7 keberangkatan

Kereta Api Lokal Sudah Kembali Beroperasi Sampai Stasiun MerakLoket penjualan tiket kereta api langsung (go show) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari sebelum hari pemberangkatan melalui aplikasi Aplikasi Access By KAI atau pembelian langsung di loket selama ketersediaan tiket masih ada.

"Volume kendaraan KA Merak sebanyak 11 ribu setiap harinya," katanya.

3. Sebagian pemudik yang kembali ke Jakarta diperkirakan menggunakan kereta

Kereta Api Lokal Sudah Kembali Beroperasi Sampai Stasiun Merakpeserta mudik gratis sepeda motor dengan kereta api (Motis) memasuki hari keenam di Stasiun Senen pada Minggu, (7/4/2024) (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Terpisah, Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan, beroperasinya kembali Stasiun Merak bakal jadi perhatian khusus. Sebab, pemudik pejalanan kaki yang akan kembali ke Jakarta menggunakan kereta api.

"Sebagian besar akan menggunakan kereta api sehingga pengamanannya akan ditambah," katanya.

Baca Juga: 6.202 Napi Banten Mendapat Remisi Khusus Idul Fitri

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya