Menhub Minta Masyarakat Mudik Lebih Awal untuk Menghindari Macet

Volume pemudik diperkirakan naik tajam

Cilegon, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat mudik lebih awal untuk menghindari terjadinya kepadatan saat puncak arus mudik Lebaran 2023.

"Kita menyarankan bahwa yang mau mudik, baik yang menggunakan kapal menyeberang atau mode lain, silakan lebih maju tanggal 14-17 April," kata Budi saat meninjau kesiapan angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Polisi Bakal Berlakukan Delay Sistem ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan

1. Volume pemudik diperkirakan melonjak signifikan

Menhub Minta Masyarakat Mudik Lebih Awal untuk Menghindari MacetDok. Istimewa/Polda Banten

Budi menyampaikan pada arus mudik lebaran tahun ini volume kendaraan dan pemudik diperkirakan melonjak hingga mencapai 123 juta orang. Masyarakat agar mengatur kembali perjalanan agar tidak terjebak kemacetan.

"Tentu akan berpengaruh terhadap penyeberangan di Pelabuhan Merak," katanya.

2. Sebanyak empat pelabuhan difungsikan di rute penyeberangan Jawa-Sumatra

Menhub Minta Masyarakat Mudik Lebih Awal untuk Menghindari MacetRatusan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Oleh karenanya, dia juga meminta kepada PT ASDP Indonesia Ferry untuk mempersiapkan secara matang kapasitas kapal, parkir, dan yang lainnya. Apalagi, tahun ini ada empat pelabuhan di rute penyeberangan Jawa-Sumatra yang difungsikan, yakni Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ciwandan, dan Panjang.

"Saya berulang kali menyampaikan kepada ASDP agar kapasitas ini dihitung antara yang akan jalan dan kapasitas," katanya.

3. Masyarakat diminta membeli tiket jauh-jauh hari

Menhub Minta Masyarakat Mudik Lebih Awal untuk Menghindari MacetSejumlah pemudik pejalan kaki antre masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Budi meminta kepada masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kapal penyeberangan di Merak agar membeli tiket jauh-juah hari, maksimal H-1 sebelum perjalanan keberangkatan secara online.

"Yang akan menyeberang, jangan spekulasi membeli tiket go show, beli lah tiket jauh-jauh hari sehingga betul-betul bisa nyaman terjamin," katanya.

Baca Juga: Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor Nih

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya