INACA Nobatkan Bandara Soetta Terbaik di Lingkup PT Angkasa Pura II

Ada 5 aspek yang dinilai. Apa saja?

Tangerang, IDN Times - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menobatkan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sebagai bandara terbaik di lingkungan PT Angkasa Pura II. Hal tersebut disusul oleh Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang dan Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu.

VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro mengatakan, apresiasi dari INACA menjadi pemacu seluruh bandara di lingkungan AP II untuk secara berkelanjutan meningkatkan standar pelayanan bagi seluruh stakeholder. 

“Perspektif yang dinilai dari CSI 2023 ini cukup lengkap, mulai dari penumpang, maskapai dan stakeholder lain di bandara. Melalui ajang ini, INACA turut mendorong peningkatan standar layanan di bandara-bandara AP II ke depannya,” ujar Cin Asmoro, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: AP II Gelar Latihan Penanganan Kecelakaan Pesawat di Bandara Soetta

1. Penobatan ini berdasarkan penilaian kepuasan pelanggan tahun 2023

INACA Nobatkan Bandara Soetta Terbaik di Lingkup PT Angkasa Pura IIDok. PT Angkasa Pura II

Penobatan tersebut berdasarkan penilaian kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI) 2023. Penilaian CSI 2023 itu berdasarkan 5 aspek, yaitu perspektif penumpang; kru kokpit pesawat; station manager maskapai; konsesioner; dan stakeholder di angkutan kargo. Apresiasi untuk ketiga bandara tersebut diberikan saat ajang INACA Festival 2023 yang digelar pada 4 November 2023 untuk memperingati HUT ke-53 INACA.

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan standar pelayanan dan fasilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta secara konsisten terus ditingkatkan. 

“Sebagai pintu gerbang dan representatif negara, Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus berupaya meningkatkan standar pelayanan," kata Dwi Ananda.

2. Bandara Soetta juga menerapkan fasilitas berbasis teknologi untuk memudahkan calon penumpang

INACA Nobatkan Bandara Soetta Terbaik di Lingkup PT Angkasa Pura IIIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Berbagai fasilitas juga terus ditingkatkan, seperti fasilitas terbaru berbasis teknologi dan digital yakni aplikasi Travelin, dimana penumpang pesawat tidak perlu lagi menunjukan data diri secara fisik, sekarang hanya dengan menunjukkan wajah di security check point saat menuju boarding lounge dengan menggunakan fitur Travelinepass penumpang bisa dengan mudah dan praktis saat memproses keberangkatan. 

"Caranya, penumpang bisa terlebih dahulu mengunduh aplikasi Travelin dan membuat Airport ID,” jelas Dwi Ananda.

Baca Juga: Aplikasi Travelin untuk Penumpang Bandara Soetta, Ini Fiturnya

3. Bandara Soetta juga dapat nilai baik dari ACI

INACA Nobatkan Bandara Soetta Terbaik di Lingkup PT Angkasa Pura IIDok. PT Angkasa Pura II

Sebelumnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebelumnya juga mendapat capain Airport Service Quality (ASQ) dari Airport Council International (ACI), yakni 4,98 dari nilai target 4,9 pada tahun 2022.

"Ini menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan fasilitas dan layanan di Bandara Soetta," jelasnya.

Baca Juga: Ada 24 Autogate di Soetta, Pemeriksan Imigrasi Tak Sampai 30 Detik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya