Menhub Budi Minta Polisi Razia Travel Gelap yang Over Capacity

Semoga kecelakaan KM 58 Tol Japek tak terulang

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta polisi merazia travel gelap yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas mobil atau over capacity. Hal tersebut agar tak ada lagi kejadian laka maut hingga menegaskan belasan orang.

"Jadi para pemudik yang memaksa menggunakan (travel yang muatan berlebih) itu jangan marah kalau tiba-tiba diberhentikan dan balik arah," kata Menhub Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: KNKT: Penyebab Kecelakaan Tol KM 58 Tol Japek Sopir GranMax Overtime

1. Masyarakat juga diminta agar tak menggunakan travel gelap, apalagi over capacity

Menhub Budi Minta Polisi Razia Travel Gelap yang Over CapacityMenhub bersama Dir Regident Korlantas Polri (IDN Times/Inin Nastain)

Menhub Budi juga meminta masyarakat untuk tidak menggunakan travel gelap yang memiliki armada mobil tidak laik jalan. Terlebih, adanya dengan kapasitas belasan orang dengan barang bawaan berlebih.

"Kalau itu terjadi, para penumpang lihat apakah mobilnya fit dan jangan mau 12 orang, atasnya ada barang mobil jadi tidak stabil. Kecepatannya menambah banyak karena itu kan ada moment berat dan labil," ungkapnya.

2. Hasil KNKT atas kecelakaan Grandmax di Tol Jakarta-Cikampek disebut sopir kelelahan

Menhub Budi Minta Polisi Razia Travel Gelap yang Over CapacityBus Primajasa yang terlibat kecelakaan maut di KM 58 diangkut ke pool Derek Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (8/4/2024) (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)

Menhub Budi pun mengungkapkan, kasus kecelakaan Grandmax di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) disebabkan sopir yang kelelahan sehingga, terjadi microsleep yang menyebabkan sopir hilang kendali.

"Kemarin KNKT sampaikan itu travel gelap, penumpangnya 12 orang, dia berjalan 4 hari berturut-turut tidak berhenti, bayangkan! Kita pulang 1 trip aja udah capek. Kalau 4 hari?" kata Menhub.

Dia berharap, semua pihak memetik pelajaran dari kecelakaan maut di KM 58 Tol Japek tersebut.

"Pemerintah (juga) harus improve mencari solusi untuk itu.  Tentu saya berduka cita atas kejadian KM 58," tuturnya.

3. Menhub Budi minta pemudik balik ke Jakarta tak mepet cuti bersama berakhir

Menhub Budi Minta Polisi Razia Travel Gelap yang Over CapacityMenhub Budi Karya Sumadi (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Menhub Budi pun meminta para pemudik untuk kembali ke wilayah Jabodetabek tak mendekati berakhirnya masa cuti bersama. Hal tersebut untuk menghindari adanya kemacetan parah saat arus balik.

"Oleh karenanya mudik paling bagus itu hari ini atau besok, kalo lusa atau senin enggak janji ini traffic-nya padat banget terutama yang di darat dan juga yang di Bakauheuni," kata Menhub Budi

Baca Juga: Kereta Api Lokal Sudah Kembali Beroperasi Sampai Stasiun Merak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya