BNI Pastikan KIP yang Berserak di Tempat Rongsokan Sudah Tidak Aktif

BNI menduga ada pihak yang memiliki itikad tidak baik

Lebak, IDN Times - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memastikan penemuan ribuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di wilayah Lebak sudah tidak aktif atau tidak terpakai.

Pemimpin BNI Wilayah 14, Faizal Arief Setiawan menyampaikan, video penemuan Kartu Debit KIP yang beredar di media sosial sudah ditindaklanjuti.

"Kartu yang hendak dimusnahkan sejumlah 37.344 buah dan telah dibuatkan berita acara pemusnahan secara resmi," kata Faizal, Minggu (9/4/2023).

Baca Juga: Ribuan KIP Ditemukan di Lapak Rongsokan, Ini Kata Kadindik Banten

1. Sebut pihak yang miliki itikad tidak baik

BNI Pastikan KIP yang Berserak di Tempat Rongsokan Sudah Tidak AktifRektor ITB Reini Wirahadikusumah, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh dalam acara Kick Off Campus Financial Ecosystem BNI dan ITB, Jumat (18/2/2021). (Dok. BNI)

Ia menduga ada pihak yang memiliki itikad tidak baik, sehingga perseroan bekerja sama pihak aparat hukum, akan menindaklanjuti permasalahan tersebut. Faizal melanjutkan, pemusnahan kartu tersebut tidak menghambat penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) ke rekening siswa penerima.

"Pemusnahan Kartu Debit KIP bertujuan untuk mencegah penyalahgunan. Sebelum dimusnahkan, BNI telah memastikan bahwa dana bantuan PIP telah dicairkan oleh penerima bantuan tanpa menggunakan kartu, dan juga rekening yg belum diaktivasi oleh siswa dipastikan dananya sudah kembali ke kas negara," kata dia.

Baca Juga: Ribuan KIP Jatah Warga Lebak Pandeglang Ditemukan di Lapak Rongsokan

2. Ancam menempuh jalur hukum

BNI Pastikan KIP yang Berserak di Tempat Rongsokan Sudah Tidak AktifDok. Polres Lebak

Faizal memastikan Kartu Debit KIP dalam video viral sudah tidak aktif atau tidak dapat digunakan lagi. Pemusnahan Kartu Debit KIP itu pula tidak menimbulkan kerugian negara.

"Apabila ditemukan unsur kesengajaan oleh pihak tertentu, BNI akan menempuh jalur hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku," pungkasnya.

3. Puluhan ribu KIP ditemukan di lapak rongsokan

BNI Pastikan KIP yang Berserak di Tempat Rongsokan Sudah Tidak AktifDok. Polres Lebak

Sebelumnya puluhan ribu Kartu Indonesia Pintar (KIP) jatah warga Lebak dan Pandeglang ditemukan Kepolisian Resor (Polres) Lebak. KIP itu berserakan di lapak rongsokan di Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (6/4/2023) siang.

Kartu-kartu tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh tiga Polisi anggota Sabhara Polres Lebak saat berpatroli rutin di wilayah tersebut. Sulistiyono, anggota Sabhara Polres Lebak yang menemukan ribuan KIP tersebut mengatakan, pihaknya melihat kartu tersebut berserakan di lapak barang bekas pinggir jalan.

Baca Juga: KIP 2023 Dibuka! Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya