Dinkes Kota Tangerang Pastikan Belum Ada Anak Gagal Ginjal Misterius

Gagal ginjal misterius tersebut belum jelas sebabnya

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang memastikan belum menemukan kasus penyakit gagal ginjal misterius pada anak di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan, jika pun nanti ditemukan kasus tersebut, pihaknya akan memastikan dulu sebab terjadinya sebelum mempublikasikan adanya kasus tersebut.

"Kalau ada kejadian seperti itu kan harusnya dirunut dulu yah, bahwasanya kalau ini karena apa?" kata Dini dalam keterangan yang diterima, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: JakCloth, Brand Clothing Lokal Asal Tangerang Lepas Saham ke Publik

1. Kasus gagal ginjal pada anak itu masih sangat misterius

Dinkes Kota Tangerang Pastikan Belum Ada Anak Gagal Ginjal MisteriusIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwi Agustiar)

Dini mengatakan kasus gagal ginjal yang terjadi pada anak di beberapa daerah di Indonesia memang betul-betul masih misterius musababnya. Sehingga pihaknya takkan memberi imbauan khusus pada masyarakat dalam upaya pencegahan.

"Kalau yang di DKI Jakarta kan juga belum diketahui, kalau gagal ginjal kan biasanya ada karena apa karena apa, harus ketahuan dulu. Kita engga bisa (kasih arahan), misal ada anak gagal ginjal kita kaitkan dengan sesuatu," kata dia.

2. Kemenkes belum beri arahan

Dinkes Kota Tangerang Pastikan Belum Ada Anak Gagal Ginjal MisteriusMenteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dini memastikan, pihaknya pun belum mendapat arahan spesifik dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Dan dari Kemenkes sendiri kami belum ada (diberi arahan) kewaspadaan biasanya gitu yah," kata Dini.

3. Ratusan anak gagal ginjal misterius

Dinkes Kota Tangerang Pastikan Belum Ada Anak Gagal Ginjal Misteriusilustrasi masalah pada ginjal (bostonkidney.com)

Kementerian Kesehatan mencatat ada 131 kasus gangguan ginjal akut misterius yang tidak diketahui penyebabnya (unknown origin) atau Acute Kidney Injury (AKI) pada anak dari Januari sampai Oktober 2022

"Sampai saat ini total ada 131 kasus, 40 kasus di antaranya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Gagal Ginjal Misterius Ditemukan di 10 Wilayah Jabar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya