Hari Pahlawan Nasional, Pemkot Tangerang Tabur Bunga di TMP Taruna

Arief ziarahi makam Bung Tomo di Surabaya

Kota Tangerang, IDN Times - Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin memimpin Upacara ziarah dan tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan yang diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kamis (10/11/2022).

Apel tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah Herman Suwarman, unsur Forkopimda, TNI, Polri serta pegawai di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

Upacara berjalan dengan khidmat. Pemimpin upacara meletakkan karangan bunga ke tugu monumen TMP Taruna, setelah itu unsur Forkopimda Kota Tangerang yang hadir turut menaburkan bunga di makam-makam pahlawan TMP Taruna.

Baca Juga: Janda Perintis Kemerdekaan di Banten Dapat Rp500 Ribu per Bulan

1. Tabur bunga dan lantunan doa dilafalkan

Hari Pahlawan Nasional, Pemkot Tangerang Tabur Bunga di TMP TarunaDok. Pemkot Tangerang

Sachrudin menyampaikan Pemerintah Kota Tangerang menggelar upacara ziarah dan tabur bunga untuk mendoakan para Pahlawan yang telah gugur dan menghormati perjuangan para pahlawan.

"Semoga para pahlawan yang telah gugur ditempatkan yang terbaik disisi Allah SWT. Dan untuk kita yang ditinggalkan, mudah - mudahan diberikan kekuatan untuk bisa meneruskan perjuangannya, sesuai dengan tema pada tahun ini Pahlawanku, Teladanku," kata dia.

2. Wali Kota Arief ziarahi makam Bung Tomo di Surabaya

Hari Pahlawan Nasional, Pemkot Tangerang Tabur Bunga di TMP TarunaBung Tomo, pahlawan nasional Indonesia. (Nanyang Post/Alex Mendur)

Di lokasi yang berbeda, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melakukan ziarah kubur ke Makam Pahlawan Nasional Bung Tomo yang berlokasi di Surabaya Jawa Timur.

"Hari ini menjadi momentum terbaik bagi kita semua anak bangsa untuk mengisi dan membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Terima kasih kepada para pejuang dan para pahlawan, semoga kami-kami bisa melanjutkan perjuangan ini," kata Arief.

3. Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya

Hari Pahlawan Nasional, Pemkot Tangerang Tabur Bunga di TMP TarunaIlustrasi perang/konflik. (IDN Times/Aditya Pratama)

10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan sekaligus mengingat Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945. Peristiwa tersebut tercatat menjadi konflik terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia setelah kemerdekaan.

Gencatan antara rakyat Surabaya dan tentara Inggris serta Belanda bukan tanpa alasan. Ada pemicu yang menyebabkan perang tersebut, salah satunya adalah tewasnya Brigadir A.W.S Mallaby saat pertempuran berlangsung.

Baca Juga: Hari Pahlawan! 30 Rekomendasi Film Perang Yang Wajib Kamu Tonton

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya