Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Ini

Masyarakat diharap bisa ikut membersihkan saluran drainase

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mengimbau, masyarakat lebih bersiap dan waspada bencana di musim transisi dari kemarau ke musim penghujan ini.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengungkapkan bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprakirakan potensi hujan intensitas tinggi sudah mulai terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Secara umum, wilayah Jabodetabek sudah mulai memasuki awal musim penghujan. Hujan dapat terjadi pada malam, dini hari, bahkan di pagi hari dengan intensitas ringan hingga sedang,” kata Maryono, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga: PT Transjakarta Tawarkan Reutilitas Halte BRT Milik Pemkot Tangerang

1. Masyarakat diminta lakukan langkah mitigasi

Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Waspadai IniIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Maryono mengimbau, masyarakat Kota Tangerang melakukan langkah-langkah mitigasi mencegah potensi dampak akibat perubahan cuaca. Beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat adalah tidak membuang sampah ke saluran air dan memastikan tidak adanya hambatan pada saluran air, sungai atau danau yang ada disekitar lingkungan.

“Selain seluruh petugas dari berbagai OPD yang sudah dikerahkan. Ada baiknya, masyarakat juga ikut mengupayakan pembersihan saluran air dan drainase. Sedangkan pembersihan tandon, embung, kali atau sungai bisa melakukan pengaduan atau permohonan pembersihan ke petugas DPUPR, BPBD atau informasikan ke wilayah,” kata Maryono.

2. Warga juga diminta mewaspadai pohon tumbang

Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Waspadai IniIlustrasi pohon tumbang. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Maryono juga mengimbau, masyarakat untuk waspada pada potensi pohon tumbang, saat hujan dan angin kencang melanda.

“Diimbau untuk tidak berteduh di bawah pohon atau reklame, upayakan berteduh ditempat yang aman, dan selalu berkonsentrasi dan berhati-hati secara penuh saat berkendara,” tegasnya.

3. BPBD menyiapkan delapan posko bencana

Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Waspadai IniBPBD Kota Tangerang melakukan langkah antisipasi dengan menyusuri sungai Cisadane sejak pagi hari Selasa (03/11/2020) (Instagram.com/ariefwismansyah)

Selain personel dan sarana prasarana, lanjut Maryono, pihaknya juga telah menyiagakan delapan Posko Bencana, di Kota Tangerang. Posko itu berada di kantor BPBD Kota Tangerang, UPT Ciledug, UPT Cibodas, UPT Batuceper, UPT Periuk, Pos Benda, Pos Pinang dan Pos Keroncong.

“Langkah ini diambil, sebagai upaya antisipasi jika terjadi bencana di Kota Tangerang, untuk dapat ditangani dengan sigap siaga. Posko Bencana aktif 24 jam, petugas juga akan fokus pada situasi daerah rawan bencana,” kata Maryono.

Sebagai informasi, jika masyarakat Kota Tangerang membutuhkan bantuan terkait bencana banjir atau lainnya. BPBD Kota Tangerang memiliki emergency call di 112 dan nomor piket 24 jam di 021-5582144.

Baca Juga: 3 Warga Kota Tangerang Sudah Klaim Asuransi Pohon Tumbang Tahun Ini

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya