Pemkot Tangerang Salurkan Bantuan Beras untuk 78.515 Keluarga

Masing-masing keluarga menerima beras 10 kilogram

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah kepada masyarakat Kota Tangerang.

Bekerja sama dengan Bulog dan Pos Indonesia, DKP Kota Tangerag memastikan setiap kepala keluarga (KK) akan mendapatkan beras sejumlah 10 kilogram (kg).

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun menuturkan, penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah ini menyasar 78.515 keluarga di Kota Tangerang. Bantuan juga akan disalurkan selama 3 bulan ke depan, yakni September hingga November. 

“Nantinya, Bantuan Cadangan Pangan Beras Pemerintah akan disalurkan kepada setiap kelurahan secara berkala sesuai dengan jadwal masing-masing yang telah ditentukan,” kata Muhdorun, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Kemarau, Potensi Kebakaran di Kota Tangerang Meningkat

1. Penyaluran bantuan mengacu pada data BPNT PKH

Pemkot Tangerang Salurkan Bantuan Beras untuk 78.515 KeluargaIlustrasi pemberian bantuan (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Muhdorun mengatakan, penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah ini mengacu pada data Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang selama ini dikelola oleh Kementerian Sosial.

Jadi, menurut Muhdorun, penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah ini direalisasikan menggunakan sistem By Name By Address sehingga keakuratan penerima dapat dijamin secara optimal.

“Untuk saat ini, bantuan yang disalurkan adalah dalam bentuk beras saja. Namun, DKP Kota Tangerang juga telah menyiapkan bantuan-bantuan lain, termasuk program Gelar Pangan Murah yang saat ini dijalankan secara berkeliling ke wilayah-wilayah untuk memastikan ketersediaan pasokan pangan di Kota Tangerang,” kata dia.

2. Bantuan pangan ini sesuai dengan momentum

Pemkot Tangerang Salurkan Bantuan Beras untuk 78.515 KeluargaPara KPM BPNT dari saldo 600.000 belanja tak sesuai

Selain itu, kata Muhdorun, Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah ini dinilai relevan dengan momentum yang terjadi sekarang, khususnya kenaikan harga beras yang terjadi secara signifikan.

Sehingga, realisasi Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah ini dapat mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebetuhan sehari-sehari, khususnya kebutuhan pokok berupa pangan.

3. Warga penerima mengaku terbantu dari program ini

Pemkot Tangerang Salurkan Bantuan Beras untuk 78.515 KeluargaDok. Pemkot Tangerang

Sementara salah satu warga Kota Tangerang bernama Masturiah, mengaku sangat senang sekali mendapatkan bantuan ini.

"Jadi, kebutuhan sehari-hari, khususnya beras, dalam beberapa waktu kedepan telah terjamin. Harapannya, semoga program ini dapat dilanjutkan terus karena sangat membantu dan bermanfaat untuk masyarakat semua,” ungkap warga Buaran Indah, Kota Tangerang ini.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Tanggung Biaya BPJS 367.476 Warga

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya