Comscore Tracker

Masjid Pacinan Tinggi di Banten, Sejarah dan Fungsi Berdirinya

Lokasi masjid ini gak jauh dari Masjid Agung Banten

Sejarah Banten sudah berlangsung lama. Beberapa bangunan tua dan bersejarah di wilayah ini pun menjadi saksi berbagai budaya yang hidup di tengah masyarakat.

Salah satunya adalah Masjid Pacinan Tinggi yang berada di kampung Dermayon daerah Banten.

Masjid ini berada di sebuah pemukiman China ketika masa Kesultanan Banten. Kehadirannya sudah cukup lama sebagai penunjang umat beragama Islam di sekitaran daerah tersebut untuk bisa melangsungkan ibadah.

1. Lokasi masjid ini gak jauh dari Masjid Agung Banten

Masjid Pacinan Tinggi di Banten, Sejarah dan Fungsi BerdirinyaMasjid Agung Banten (instagram.com/ryan.hardeanto)

Jika kamu berangkat dari Masjid Agung Banten, bangunan masjid ini letaknya kurang lebih 500 meter-an di arah Barat. Namun jika kamu berangkat dari arah Benteng Speelwijk, maka kamu harus menuju ke arah selatan sekitar 400 meter.

Letak masjid Pecinan di Kampung Dermayon, sebelah kirinya jalan raya. Sehingga siapa pun yang datang diberikan kemudahan dalam hal akses untuk menuju ke lokasi.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Masjid Agung di Banten yang Wajib Kamu Tahu

2. Sejarah Berdirinya Masjid Pacinan Tinggi

Masjid Pacinan Tinggi di Banten, Sejarah dan Fungsi BerdirinyaMasjid Pacinan Tinggi (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Penamaan masjid menjadi Pecinan Tinggi karena dulunya, banyak pedagang China yang berdagang hingga tinggal di wilayah ini. Pada waktu itu, Kesultanan Banten di bawah kekuasaan Maulana Hasanudin.

Melihat catatan sejarah dulunya masjid ini merupakan masjid pertama kali yang didirikan oleh Syarif Hidayatullah kemudian dilanjutkan Maulana Hasanudin. Bangunannya tentu berbeda dengan masjid Agung Banten yang masih berdiri kokoh hingga kini, namun Pecinan Tinggi hanya meninggalkan mihrab, menara, dan juga sisa dari pondasi bangunan.

4. Pembuatan masjid

Masjid Pacinan Tinggi di Banten, Sejarah dan Fungsi BerdirinyaMasjid Pacinan Tinggi (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Masjid yang sudah berdiri lama ini menggunakan menara yang terbuat dari bata dan pondasi lalu pada bagian bawah berbahan batu karang. Pembuatan denah untuk bagian masjid dibentuk persegi empat yang mirip dengan menaranya Masjid Kasunyatan.

Pada bagian atas menaranya sudah hancur. Sehingga tidak lagi menampakkan bentuk secara utuh dari bangunan masjid seperti sebelumnya.

5. Terdapat makam China di dekat Masjid Pacinan Tinggi

Masjid bagian utara terdapat sebuah makam China. Hingga saat ini, peneliti belum bisa menentukan apakah makam itu berkaitan atau tidak dengan bangunan masjid.  

Sementara itu makamnya masih terdapat tulisan yang dapat dijelaskan bahwa dalam makam terdapat pasangan suami istri yakni Tio Mo Sheng dan Chou Kong Chian. Mereka datang dari desa Yin Shao dan batu nisan pada makam menuliskan tahun berdirinya pada 1843.

Baca Juga: Wisata Bersejarah dan Peninggalan Terbaik di Provinsi Banten

6. Fungsi berdirinya bangunan Masjid Pacinan Tinggi

Masjid Pacinan Tinggi di Banten, Sejarah dan Fungsi BerdirinyaMasjid Pacinan Tinggi (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Pembangunan masjid yang berasal dari sejarah kedatangan orang China atau Thionghoa ini memang menyimpan banyak kenangan. Pasalnya masjid dirikan sebagai sarana tempat ibadah oleh para pedagang dan juga warga lokal di daerah tersebut.

Sebab sebagian besar pedagang China yang datang untuk berdagang menganut agama Islam. Selain untuk sarana ibadah juga dijadikan sebagai tempat musyawarah ataupun melakukan syiar agama Islam.

Demikianlah uraian mengenai sejarah dan fungsi Masjid Pacinan Tinggi. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu kamu

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya