Comscore Tracker

Wisata Edukasi Riyan Farm, Belajar Menanam Sayur Hidroponik Yuk

Liburan masih panjang, ada baiknya kamu berwisata edukasi

Liburan panjang kali ini, kamu kemana nih? Jika kamu masih bingung, kamu bisa loh mengunjungi wisata edukasi. Selain jalan-jalan, kamu juga bisa menambah ilmu dan pengetahuan.

Salah satu wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi adalah Riyan Farm. Gak hanya orang dewasa, tempat ini juga bagus untuk anak-anak. Dalam kesehariannya, anak-anak pun butuh wisata karena sehari-hari sudah melakukan banyak kegiatan seperti sekolah dan belajar.

Selain mengajak anak liburan juga bisa sambil belajar dengan hal baru untuk memperluas pengetahuan dan wawasan. Anak bisa belajar sembari bermain di tempat tersebut, sehingga penting untuk pemilihan lokasi wisata.

Baca Juga: Jadwal Acara Seba Baduy, Bisa Jadi Wisata Lebaran Kamu Nih

1. Lokasi Wisata Riyan Farm

Lokasi tempat wisata ini berada Kompleks RSS Pemda Blok D1 03/08 Cipocok Jaya, Kota Serang, cukup mudah untuk kamu temukan. Untuk mengetahui lebih jelasnya kamu bisa menggunakan Google Maps mengecek lokasi tepatnya.

Riyan Farm ini berada di tanah seluas 4.000 meter persegi (m2). Luas banget kan. Kamu dan keluarga bisa mengelilingi kebun sayuran sambil melihat aktivitas kebun juga.

Dengan lokasi area yang cukup luas itu, anak-anak juga lebih leluasa untuk bermain dan belajar.

Baca Juga: Lebak Ingin Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Alternatif Puncak Bogor

2. Tempat ini juga bagus loh untuk wisata edukasi untuk anak

Ya, seperti yang disinggung di awal artikel, agrowisata yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk anak ini mempunyai banyak manfaat. Anak-anak bisa belajar sambil bermain tentang pertanian yang tidak mereka dapatkan secara langsung di sekolah dan di rumah.

Kegiatan pertanian akan menjadi suatu pengetahuan dan pengalaman yang sangat baru sehingga daya otaknya menjadi lebih luas dan tidak berkutat pada ilmu yang itu-itu saja.

3. Anak bisa mengenal jenis sayuran

Keunggulan agrowisata lainnya adalah pengunjung bisa belajar begitu banyaknya jenis sayuran yang ada. Anak-anak bisa lebih mengenal pakcoy, selada, kangkung, hingga caisim.

Pengenalan bisa dilakukan dengan cara sedikit bermain sehingga anak tidak merasa bosan. Anak bisa diajak berkeliling ke kebun sayuran dan menunjukkan setiap nama sayuran yang ada.

4. Pengelola juga sediakan pembelajaran budidaya sayuran

Jika kamu tertarik untuk belajar lebih dalam lagi dalam menanam sayuran hidroponik, kamu bisa mendaftar loh. Salah satu keunggulan bercocok tanam dengan hidroponik adalah, kamu bisa melakukannya di lahan yang sempit.  

Di sisi lain, kamu juga bisa mendapatkan sayuran segar setiap hari, dengan hanya memetik dari sekitar rumah kamu. Ilmu yang kamu pelajari bisa kamu kembangkan untuk usaha yang lebih besar dan mendapatkan pemasukan. .

5. Tenang, pengelola juga menyediakan peralatan

Wisata Edukasi Riyan Farm, Belajar Menanam Sayur Hidroponik Yukfoodhospitality.in

Kamu belum punya peralatannya? Tenang, pengelola menyediakan semuanya. Lengkap!

Pengunjung bisa memanfaatkan peralatan yang tersedia dengan maksimal dalam proses pembelajaran menanam hingga melakukan budidaya sayuran. 

Untuk bercocok tanam secara hidroponik, kamu memang membutuhkan beberapa peralatan khusus. Tidak seperti bercocok tanam konvensional, hidroponik tidak menggunakan tanah, melainkan cairan nutrisi untuk tanaman. 

6. Ini waktu kunjungan ke Riyan Farm

Wisata edukasi untuk belajar menanam sayuran ini buka mulai pukul 06.00 hingga 18.00. Namun alangkah baiknya jika datang pada pagi hari karena bisa belajar secara lebih maksimal di lokasi.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kamu ketahui dari Riyan Farm. Sebuah agrowisata yang memberikan pembelajaran kepada para pengunjungnya dalam proses menanam hingga budidaya sayuran hidroponik dan konvensional.

Baca Juga: Sempat Berhenti 2 Tahun, Bazar Ramadan di Kota Serang Digelar Lagi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya