Comscore Tracker

5 Cara Efektif Bikin Badan Gak Cepet Loyo 

Tubuh bugar dan segar meski cuaca gak menentu

Tubuh tak selamanya kuat, bahkan terkadang kita juga cepat lelah alias loyo. Gak yang tua, kamu yang muda pun kerap merasakannya kan?

Rutinitas akan terus dijalani setiap harinya, sehingga kamu perlu mencari solusi agar tubuh tetap bisa berenergi, gak gampang loyo, terutama di tengah cuaca yang makin gak menentu.

Bagaimana caranya menjaga energi bisa dipulihkan dan ditingkatkan? Inilah 5 cara efektif memulihkan energi tubuh supaya gak cepet loyo.

Baca Juga: Artsy Brunch, Atraksi Melukis Makanan di Hotel Mewah Tangerang 

1. Tidur minimal 7-8 jam setiap hari

5 Cara Efektif Bikin Badan Gak Cepet Loyo ilustrasi tidur (Unsplash.com/Lux Graves)

Melakukan aktivitas produktif memang penting, tapi tidur juga gak kalah penting, lho. Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memberikan kamu energi. 

Menurut National Sleep Foundation, jangka waktu tidur yang ideal adalah 7-9 jam setiap harinya di malam hari. Sedangkan jam ideal tidur siang adalah 20-30 menit, khususnya sebelum jam 3 sore.

2. Olahraga

5 Cara Efektif Bikin Badan Gak Cepet Loyo ilustrasi olahraga (Unsplash.com/chanderr)

Olahraga sering dilewatkan karena melelahkan. Namun olahraga justru memulihkan energi tubuh kita. 

Walau kesannya memang menghabiskan energi, olahraga akan membuat tubuhmu bisa lebih segar dan lebih terbiasa dengan aktivitas produktif. Olahraga bisa rutin dilakukan di pagi hari mulai dari 15-20 menit.

3. Kamu juga bisa menghirup udara segar

5 Cara Efektif Bikin Badan Gak Cepet Loyo ilustrasi menghirup udara segar (Unsplash.com/Gading Ihsan)

Saat kamu merasa lelah dengan pekerjaan, sisakan waktu untuk menghirup udara segar. Kamu juga bisa melakukannya di pagi hari untuk memaksimalkan aktivitas. 

Oksigen segar ada di tengah-tengah lingkungan pepohonan. Akan lebih baik jika udara yang dihirup bersih untuk meningkatkan energi mencapai 90 persen. Tubuh akan terasa bugar.

4. Berjalan santai

5 Cara Efektif Bikin Badan Gak Cepet Loyo ilustrasi jalan santai (Unsplash.com/Arek Adeoye)

Sambil menghirup udara segar, kamu bisa melakukan jalan santai. Tubuh tidak akan kaku saat kamu berjalan dan mampu meningkatkan hormon yang menambah energi yaitu kortisol, epinephrine, norepinephrine.

Selain itu, ada pemandangan beragam yang bisa dilihat sekelilingnya. Dijamin gak bakal bosan!

5. Tarik napas panjang

5 Cara Efektif Bikin Badan Gak Cepet Loyo ilustrasi rileks (Unsplash.com/Dane Welton)

Mungkin terdengar tidak masuk akal, namun saat kamu sudah mencoba, hasilnya akan terasa. Duduk dengan mata tertutup rileks, lalu tarik napas 5 detik dan buang perlahan. 

Kamu bisa melakukannya beberapa kali saat jam istirahat. Sebaiknya dilakukan dengan posisi duduk untuk memaksimalkan pemulihan rasa lelah diikuti stretching. Terbukti ampuh, bahkan dengan tarik napas beberapa hal juga bisa diatasi seperti serangan panik. 

 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Liburan Sambil Healing di Taman Kota Tangerang

Beberapa cara di atas bisa kamu coba, nih. Tak semuanya olahraga, kamu bisa memilih untuk meningkatkan energi untuk kegiatan sehari-hari.

agatha dominique Photo Community Writer agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya