TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Gak Usah Minder saat Ortu Pacar Membandingkanmu

Toh pacarmu lebih milih kamu

ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hari yang dinanti akhirnya kamu diajak pacar main ke rumahnya untuk berkenalan dengan orangtuanya. Berbagai persiapan kamu lakukan supaya tampil menawan dan disukai oleh orangtua. Gembira sekaligus deg-degan menjelang keberangkatan.

Kamu pun bahagia dan berharap akan lancar momennya. Saat tiba di rumahnya, hatimu semakin berbunga, apalagi sudah mulai bersalaman dan disambut keramahan.

Saat duduk sambil menikmati minuman yang disuguhkan, ada rasa terkejut di tengah obrolan. Ya, orangtuanya malah membicarakan mantan-mantan dari pacar kamu dan membanding-bandingkan.

Hal tersebut pun bisa menimbulkan rasa gak percaya diri, seolah mantannya masih yang terbaik. Namun, perlu diingat bahwa kamu punya nilai dan keunikan berbeda, tunjukkan itu di awal pertemuan supaya mereka menerima dan menyukaimu.

Berikut lima alasan kenapa gak usah minder saat orangtua pacar membandingkanmu dengan mantannya.

Baca Juga: 4 Alasan Menunda Keputusan, Gak Selalu Salah Loh

1. Ingat bahwa kamu juga unik dan punya value berbeda

Setiap individu punya kelebihannya masing-masing, ini yang perlu selalu kamu ingat dalam menghadapi perbandingan yang dilakukan orang lain, termasuk dalam situasi ini. Kamu dan mantannya adalah dua orang berbeda yang masing-masing punya nilai lebihnya.

Saat mereka melakukan perbandingan dan terdengar lebih suka pada mantannya, karena mereka baru tahu kamu. Maka, manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kelebihanmu yang gak kalah keren dari mantanya. Jangan minder supaya kamu tetap bersikap menyenangkan selama momen perkenalan.

2. Perbandingan yang dilakukan biasanya karena bingung juga mau membahas apa

Terkadang, seseorang melakukan perbandingan di awal pertemuan bisa karena kebingungannya akan membahas topik apa. Yang terlintas di pikiran mereka saat momen perkenalan denganmu adalah mantannya. Bukan bermaksud ingin menunjukkan mantannya lebih baik darimu, namun obrolan yang paling dekat saat momen ini memang sesuatu yang terkait dengan hubungan.

Kamu datang sebagai pasangan dari anaknya, maka terlintas saja pasangan dari anaknya sebelum kamu. Jadi, jangan berasumsi aneh-aneh sampai menyebabkan minder. Tersenyum saja sambil percaya diri mengangkat topik relevan di masa kini.

3. Fokus saja pada hubunganmu dengan si dia, mantannya sudah berlalu!

Ketika dibandingkan dengan mantannya oleh orangtua pacarmu, gak usah minder karena itu juga sudah lama berlalu. Fakta terkini membuktikan dia lebih memilihmu dan sampai berkenan mengenalkanmu ke orangtuanya, maka artinya kamu yang kini jadi terbaik.

Ini justru perlu dijadikan pemicu naiknya lebih tinggi kepercayaan dirimu. Namun, tetaplah bijak dan dewasa, saat dibandingkan jangan emosi sampai menunjukkan sikap kekanakan di hadapan orangtuanya. Jangan pula langsung kesal dan menjelekkan mantan pacarnya.

4. Santai saja, seiring obrolan berjalan, nanti mereka tahu, ternyata kamu keren juga

Namanya saja baru berkenalan, maka orangtuanya belum tahu sekeren apa sosokmu. Saat mendengar mereka membandingkanmu dengan mantan pacarnya, santai saja meresponsnya. Gak usah jadi minder, tetaplah percaya diri, karena nanti seiring obrolan mengalir, kamu sudah bercerita tentang sosokmu, mereka akan tahu ternyata pacar anaknya keren juga.

Sabar dan pertahankan kepercayaan dirimu. Bersikaplah ramah dan menghormati. Gak usah banyak berpura-pura, tetap jadi versi terbaikmu. Suka atau tidak, itu hak pribadi mereka karena alasan tertentu. Jika masih bisa diterima, lanjutkan. Namun, kalau mereka gak bisa menerimamu karena alasan prioritas, pertimbangkan untuk cari jalan tengahnya.

5. Faktanya, pacarmu lebih bahagia berhubungan denganmu

Meskipun, sempat kaget saat dibandingkan dengan mantannya oleh orangtua pacarmu, santai saja. Faktanya, pacarmu lebih bahagia saat menjalani relasi asmara bersamamu. Nanti lama-lama, kalau mereka melihat perubahan anaknya dari hari ke hari semakin bahagia dan positif, itu bisa mengubah pikiran orangtua jadi sayang dan respek pada sosokmu.

Fokus pada hubunganmu dan pacar. Gak perlu terlalu memasukkan hati omongan perbandingan orangtuanya. Mungkin memang tak disengaja, berpikir positif saja supaya hati lega dan hubunganmu dengan pacar tetap menyenangkan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Saat Merancang Rumah Tanpa Bantuan Profesional

Dalam momen perkenalan dengan orangtua pacar, topik mantan memang bisa muncul dan jadi bahan perbandingan. Namun, gak usah minder karena itu bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Ada beragam alasan yang mendasari sikap orangtuanya, selama hanya terjadi selama awal momen saja, artinya itu gak sengaja terucap oleh mereka. Tetap percaya diri dalam berinteraksi supaya pesonamu memancar dan masuk ke hati orangtua pacar.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya