TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disnaker Kota Serang Akui Kewalahan Tangani Pengangguran

Lowongan kerja minim, angka pengangguran tinggi

IDN Times/Khaerul Anwar

Intinya Sih...

  • Kepala Disnakertrans Kota Serang mengakui minimnya lowongan kerja dan tingginya angka pengangguran mencapai 27.125 orang.
  • Penyebab tingginya angka pengangguran di Kota Serang antara lain karena keterbatasan lowongan pekerjaan dan kurang relevannya kompetensi tenaga kerja dengan kebutuhan perusahaan.
  • Disnakertrans menekankan pelatihan kerja untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja sebagai solusi mengurangi angka pengangguran, meski kuota pelatihan terbatas.

Serang, IDN Times - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang, Popy Nopriadi mengaku kewalahan menghadapi penyerapan tenaga kerja karena lowongan kerja minim. Sementara, kata dia, angka pengangguran di Ibu Kota Banten tersebut masih tinggi.

"Angka pengangguran di Kota Serang masih tinggi tercatat mencapai  27.125 orang," kata Popy saat dikonfirmasi, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Usai Dilantik, Anggota DPRD Kota Serang Gadaikan SK ke Bank

1. Ini penyebab tingginya angka pengangguran

Ilustrasi Pengangguran akibat terkena PHK (IDN Times/Arief Rahmat)

Popy mengatakan, tingginya angka pengangguran di Kota Serang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya karena keterbatasan lowongan pekerjaan.

"Yang nganggur banyak, lowongan pekerjaan sedikit. Terus, kebanyakan itu kompetensi tenaga kerjanya juga tidak relevan dengan kebutuhan perusahaan," katanya.

2. Pemkot Serang tengah konsen melakukan pelatihan kerja

ilustrasi pencari kerja (IDN Times/Aditya Pratama)

Oleh karena itu, lanjut Popy, Disnakertrans menekankan pelatihan kerja untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja, sebagai salah satu solusinya untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Serang.

"Pelatihan kami rutin lakukan setiap tahun sekali, meski memang jumlah kuota tidak banyak. Karena dananya juga memang terbatas," katanya.

Verified Writer

Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya