TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ribuan Bangku Kosong SMAN di Banten Diprioritaskan Bagi Siswa Miskin

Dindik bakal verifikasi faktual pendaftar jalur afirmasi

IDN Times/Khaerul Anwar

Serang, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Banten Tabrani mengatakan, bangku kosong atau kuota yang belum terisi jenjang SMA negeri bakal diprioritaskan untuk siswa kurang mampu yang tak diterima melalui jalur afirmasi.

"Pak gub meminta kalau disitu masih ada rakyat miskin, beri kesempatan rakyat miskin untuk mendapatkan pendidikan dan itu sudah kami lakukan," kata Tabrani, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: 5.413 Bangku di SMAN Banten Masih Kosong  Usai PPDB Berakhir 

1. Pemenuhan kuota Jalur Afirmasi bakal diperpanjang

IDN Times/Khaerul Anwar

Khusus untuk kuota Jalur Afirmasi yang belum terpenuhi, Tabrani menambahkan, pihaknya memberi keleluasaan waktu hingga akhir Agustus 2023. Peserta yang tidak lolos melalui jalur afirmasi bakal diverifikasi ulang oleh panitia sekolah.

"Untuk afirmasi kalau masih kosong, sebelum tanggal 31 Agustus kita kasih kesempatan, kita terima saja," katanya.

2. Tak mesti punya KIP dan KKS, asal tak mampu mereka bakal diterima

IDN Times/Khaerul Anwar

Bahkan, pihaknya pun akan memberi keringanan persyaratan, tidak mesti memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), mereka bakal diterima asal dari hasil vetifikasi di lapangan kondisinya benar-benar kurang mampu. Hal ini, kata Tabrani, sudah dilakukan di Kota Tangerang.

"Dari pendaftar afirmasi ada dua pendaftar yang memang miskin. orangtuanya sudah meninggal dan rumahnya berdekatan dengan bibi nya, maka walaupun jaraknya jauh, kita terima sekolah," katanya.

Baca Juga: PPDB SMA Negeri di Banten Resmi Tutup, Pendaftar Capai 82 Ribu 

Verified Writer

Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya