TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Pemuda Tewas Terbakar di Tangerang

Motif belum juga terungkap hingga kini

Ilustrasi kasus pembunuhan. (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Tangerang, IDN Times - Seorang pria berinisial R (37) ditemukan tewas dengan luka bakar di sekujur tubuh. Ia ditemukan di dalam empang kawasan persawahan Kampung Kebon Kelapa, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/11/2023) lalu. 

Kasat Reskrim Polres Kota Tangerang, Kompol Arief N Yusuf, mengatakan jasad ditemukan pertama kali oleh saksi pada pukul 08.00 WIB. Saat ditemukan, kondisi sudah mengambang dan penuh lumpur. 

"Saat ditemukan, kondisi korban ini sudah penuh lumpur di dalam empang dan saat dievakuasi, nyatanya korban juga mengalami luka bakar total," katanya.

Lalu, bagaimanakah fakta-faktanya?

1. Pelaku langsung diamankan di hari yang sama

Dok. Polresta Tangerang

Arief mengungkapkan, usai penemuan tersebut, petugas melakukan tindak lanjut dan langsung mengamankan terduga pelaku. Yaitu seorang pria dengan inisial W, berusia 25 tahun yang juga warga Mauk, Kabupaten Tangerang. 

"Pelaku langsung kita amankan dan dari pemeriksaan pertama, nyatanya aksi tindak pidana itu dilakukannya dengan cara melukai korban hingga mengalami luka bakar total, lalu mengaburkannya dengan membuang jasad ke dalam empang," ujarnya.

2. Diduga korban dan pelaku merupakan teman dekat

Dok. Polresta Tangerang

Petugas masih melakukan penyelidikan terkait dengan motif pembunuhan yang dilakukan oleh pelaku. Terlebih, adanya informasi kedekatan antara pelaku dengan korban.

"Soal kedekatan hubungan antara korban dan pelaku yang beredar di masyarakat, sampai saat ini masih kita dalami, termasuk dengan motif pembunuhan yang dilakukannya," ungkapnya.

3. Pelaku sempat menganiaya korban sebelum akhirnya dibakar

jberita.com

Berdasarkan pengakuan pelaku, ia terlebih dahulu menganiaya korban hingga tak berdaya, sebelum akhirnya membakar tubuh korban dan membuangnya di empang. Hal tersebut untuk menutupi jejak pembunuhan yang dilakukannya.

"Kemudian setelah pembakaran, tersangka membuang korbannya di empang di seputaran TKP (Tempat Kejadian Perkara) sampai akhirnya ditemukan oleh warga sekitar,” ucapnya.

4. Motif belum juga terungkap

(Ilustrasi pembunuhan) IDN Times/Arief Rahmat

Polisi masih mendalami motif peristiwa pembunuhan tersebut. Pasalnya, hingga kini pelaku belum juga mengungkap motif apa yang mendasari dirinya tega membunuh korban.

"Tersangka terus didalami informasinya, agar menjadi terang apa yang dilakukan tersangka kepada almarhum. Apakah motif dendam atau motif materi. Ini akan diungkap setelah beberapa penguatan keterangan saksi dan petunjuk di TKP,” jelasnya.

5. Tersangka bakal diperiksa kejiwaannya

Ilustrasi Gangguan Kejiwaan (IDN Times/Arief Rahmat)

Arief mengatakan, pihaknya saat ini menggandeng ahli kejiwaan untuk memeriksa apakah W memiliki masalah pada kejiwaan.

“Kita berkoordinasi dengan ahli kejiwaan, khusus kepada yang bersangkutan. Apakah yang bersangkutan itu dikatakan sehat atau pun memang kondisi gangguan,” kata Arief.

Berita Terkini Lainnya