TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menu Makan Bergizi Gratis di Uji Coba di Tangerang Senilai Rp17.500

Ada 3 jenis masakan yang disediakan

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang menggelar uji coba program makan bergizi gratis (MBG) di sejumlah sekolah di wilayah tersebut, Kamis (1/8/2024). Dalam uji coba ini, ada berbagai macam jenis makanan yang disiapkan dalam satu kotak makan siang.

Pantauan IDN Times, menu tersebut terdiri dari nasi putih, semur daging, tumis sayur brokoli, dan buah pepaya. Menu tersebut pun dimasak sebelumnya di Rumah Makan Bambu Oju yang selanjutnya didistribusikan ke 5 sekolah yang menjadi peserta uji coba.

"Besaran anggarannya antara Rp15.000-Rp20.000, untuk hari ini kisaran Rp17.500, sudah termasuk susu," ujar Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin.

Baca Juga: Ada Siswa Gak Suka Menu MBG, Pj Walkot Tangerang: Itu Kebiasaan Anak

1. Anggaran menggunakan alokasi dana BOS daerah

Nurdin mengungkapkan, untuk uji coba kali ini, anggaran menggunakan alokasi dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah di sekolah masing-masing, termasuk dari sekolah swasta yang menggunakan dana pribadi sekolah.

"Saat ini menggunakan alokasi dana makan minum yang sudah dialokasikan di dalam anggaran BOS daerah," jelasnya.

2. Penerapan keseluruhan MBG nanti bakal menggunakan APBN

Namun, saat penerapan secara keseluruhan nantinya, anggaran MBG ini akan menggunakan APBN lantaran merupakan bagian visi dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Tentu karena ini menjadi program prioritas terpilih, maka tentu nanti akan masuk komponen pembiayaan yang ditanggung APBN kita akan menerima kebijakan lanjutan dari pemerintah," tuturnya.

Berita Terkini Lainnya