TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Server PDN Down, Bandara Soetta Benarkan Ada Antrean Imigrasi

Ada pesan berantai untuk calon penumpang

Dok. X/jesswjk

Tangerang, IDN Times - Server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo mengalami gangguan. Hal tersebut menyebabkan pengecekan Imigrasi di seluruh Indonesia, salah satunya Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Bahkan, terdapat pesan berantai mengenai adanya maskapai yang meminta calon penumpang untuk datang tiga jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari tertinggal pesawat akibat antrean di konter pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta.

"Sehubungan dengan waktu tunggu yang lebih lama di konter Imigrasi karena masalah sistem, mohon sediakan waktu yang cukup untuk tiba di bandara dan melakukan check-in untuk penerbangan SQ965 dengan jadwal keberangkatan 20 Juni 2024, 19:00. Konter check-in dibuka 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Singapore Airlines," tulis pesan tersebut.

Baca Juga: Moda Transportasi Darat di Terminal 1 Bandara Soetta Pindah Lokasi 

1. Pengelola Bandara Soetta membenarkan adanya antrean di konter imigrasi

Saat dikonfirmasi, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi membenarkan adanya antrean tersebut.

"Karena dicek manual, memang menyebabkan ada antrean di Bandara (Soetta)," kata Holik.

2. Holik tak dapat menempatkan petugas karena hal itu ranah imigrasi

Meski begitu, Holik mengaku tak dapat menempatkan petugas untuk membantu mengurai antrean karena memang area tersebut khusus untuk petugas Imigrasi sehingga petugas lain tak boleh masuk ke area tersebut.

"Kami bantu secara fasilitas, tapi kalau petugas memang tidak bisa ada di wilayah imigrasi tersebut, kalau di area tertentu seperti Imigrasi tidak boleh ada petugas lain karena ada undang-undangnya," jelasnya.

Baca Juga: Harga Tiket dan Jadwal Pameran Helikopter di Bandara Soetta

Verified Writer

Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya