Kerugian Bencana Lebak Januari-Oktober Capai Rp37 Miliar

BPBD Lebak mencatat, 3 warga meninggal akibat bencana alam

Lebak, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat, kerugian material akibat bencana alam sepanjang Januari - Oktober 2022 mencapai Rp37 miliar. Selain itu, tiga warga meninggal dalam bencana gelombang tinggi di pesisir pantai selatan.

 "Kita minta masyarakat tetap waspada karena cuaca buruk masih berpeluang dua bulan ke depan," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal, seperti dikutip dari Antara, Kamis (3/11/2022). 

Baca Juga: Mengenal Lebak Parahiang, Pernah Jadi Ibu Kota Lebak

1. Berbagai bencana melanda Lebak sejak awal tahun, mulai dari banjir hingga pergerakan tanah

Kerugian Bencana Lebak Januari-Oktober Capai Rp37 MiliarANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Sepanjang tahun 2022, peluang cuaca buruk cukup besar melanda Lebak, yang ditandai hujan lebat dan jangka waktu lama dan petir. Cuaca buruk ini menyebabkan terjadi bencana banjir longsor, angin kencang, gelombang tinggi dan pergerakan tanah.

Wilayah Kabupaten Lebak yang ada di 28 kecamatan, sebagian besar terdapat pegunungan, perbukitan, pesisir pantai dan aliran sungai.

2. Pemkab Lebak minta bantuan ke pemerintah provinsi dan pusat

Kerugian Bencana Lebak Januari-Oktober Capai Rp37 MiliarWarga melihat kondisi rumah yang rusak akibat diterjang banjir bandang di Sukajaya, Lebak, Banten, Selasa (11/10/2022) (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Agus menyebutkan kerugian material akibat bencana alam di Kabupaten Lebak itu terdiri dari kerusakan rumah, tempat ibadah dan gedung pendidikan Rp9 miliar, infrastruktur jembatan, dan jalan Rp23 miliar, sosial ekonomi Rp5 miliar.

Pemerintah Kabupaten Lebak mengajukan bantuan untuk perbaikan sarana infrastruktur dan relokasi bagi masyarakat yang terdampak bencana kepada pemerintah pusat dan provinsi. "Kami berharap bantuan pembangunan infrastruktur itu bisa secepatnya direalisasikan oleh pemerintah pusat maupun provinsi," kata dia. 

3. Jembatan roboh, warga di Lebak ini masih menggunakan rakit untuk menyeberang

Kerugian Bencana Lebak Januari-Oktober Capai Rp37 MiliarDok. Istimewa/Pemprov Banten

Sementara itu, masyarakat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak mengaku sejak dua pekan terakhir ini menyeberang menggunakan rakit perahu karet setelah jembatan roboh diterjang banjir bandang.

"Kami sangat mendambakan jembatan Cimadur itu kembali dibangun karena dilintasi antardesa," kata Eman, warga Cimanyak Bayah Kabupaten Lebak.

Baca Juga: Pemasangan Jembatan Darurat di Lebak Butuh Waktu 3 Bulan 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya