Pemasangan Jembatan Darurat di Lebak Butuh Waktu 3 Bulan 

Jembatan permanen tersapu luapan air sungai

Serang, IDN Times - Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, pembangunan jembatan darurat bailey ditargetkan terpasang tiga bulan ke depan. Bailey itu akan menggantikan jembatan permanen yang sebelumnya tersampu luapan air Sungai Cimadur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. 

"Kadis PUPR sedang mengupayakan pinjam dulu dari daerah lain. Kita lakukan mobilisasi karena itu yang paling cepat dikerjakan," kata Al Muktabar saat dikonfirmasi, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Jembatan Permanen Putus Tersapu Arus Sungai, Desa di Lebak Terisolir

1. Al Muktabar mendapat keluhan dari anak sekolah

Pemasangan Jembatan Darurat di Lebak Butuh Waktu 3 Bulan Dok. Istimewa/Pemprov Banten

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten itu mengaku telah menerima keluhan langsung dari anak-anak sekolah di Desa Cimancak yang terisolir pasca jembatan terputus. Mereka tidak bisa beraktivitas secara normal mengikuti kegiatan belajar di sekolah karena akses terhambat.

"Makanya kita perlu penyiapan jembatan bailey darurat agar anak kita bisa sekolah," katanya.

Baca Juga: Buka Akses Anak Sekolah, BPBD Lebak Terjunkan Perahu Karet  

2. Sementara waktu, masyarakat diminta bersedia menyeberang sungai menggunakan perahu

Pemasangan Jembatan Darurat di Lebak Butuh Waktu 3 Bulan Dok. Istimewa/Pemprov Banten

Namun sebelum jembatan darurat terpasang, Al Muktabar meminta masyatakat sementara waktu bersedia menyebrangi sungai menggunakan perahu karet yang telah diturunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak.

"Mudah-mudahan ini menjadi solusi hubungan transportasi di kawasan terdampak bencana dengan jembatan roboh," katanya.

3. Kerugian materil imbas bencana banjir bandang Lebak

Pemasangan Jembatan Darurat di Lebak Butuh Waktu 3 Bulan Warga melihat kondisi jembatan yang terputus akibat diterjang banjir bandang di Sukajaya, Lebak, Banten, Selasa (11/10/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Diketahui, berdasarkan data BPBD Kabupaten Lebak, kerugian materil akibat bencana banjir bandang pada Minggu (9/10/2022), diantaranya: jembatan gantung di Desa Cisuren yang menghubungkan dengan Desa Pasir Gombong rusak berat. Kemudian jembatan Desa Bayah Timur penghubung Desa Cimancak rusak parah.

Jembatan gantung penghubung Desa Cibareno Kecamatan Cilograng dengan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang terputus.

Terakhir jembatan penghubung Kampung Cikatomas, Kampung Nangewer Kecamatan Cilograng, rusak pondasinya, sling jembatanya putus dan kondisinya rusak berat.

Lalu ada juga Majlis Al-Kautsar dan Majlis Nurul Ulum Desa Suwakan Kec.Bayah yang rusak ringan, Ponpes Nurul Huda, Majlis ta'lim Nurul Huda, Majlis Ta'lim, Masjid Nurul Jannah, Mushola Abrol yang berada di Desa Mancak Kecamatan Bayah rusak ringan.

Baca Juga: Lebak Tanggap Darurat Bencana Banjir Selama 14 Hari

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya