Wali Kota Tangerang: Kita Masih Masa Transisi, Belum New Normal

Tempat ibadah dan restoran mulai dibuka. Pendidikan? 

Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menegaskan bahwa wilayahnya saat ini masih berstatus pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tetapi dalam masa transisi.

"Sekarang kita sedang masa transisi, jadi ini belum new normal," kata Arief, seperti dikutip dari Antara, Senin (8/6). Di masa transisi ini, imbuhnya, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan berbagai protokol kesehatan COVID-19.

Di masa transisi saat ini, Wali Kota Arief menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan penyemprotan, termasuk lingkungan masyarakat. Selain itu, Arief juga mulai membuka tempat-tempat umum dengan penerapan protokol kesehatan. 

1. Setelah rumah ibadah, pekan ini giliran restoran dan pusat pertokoan yang dilonggarkan

Wali Kota Tangerang: Kita Masih Masa Transisi, Belum New NormalANTARA FOTO/Fauzan

Pemerintah Kota Tangerang Banten segera mengkaji pelonggaran operasional bagi rumah atau tempat makan dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. 

Arief menuturkan, di masa transisi minggu kedua, akan dilakukan pengkajian terkait pelonggaran bagi rumah/tempat makan.

Pekan lalu, kata Arief, Pemkot sudah melonggarkan rumah ibadah. Maka, pekan ini dan seterusnya, giliran pusat pertokoan dan sebagainya yang akan dilonggarkan sambil dievaluasi.

Namun untuk bidang pendidikan, masih belum dilakukan pembahasan karena masih menunggu informasi dari pemerintah pusat. "Tapi paling tidak, masyarakat sudah mempersiapkan diri dan memahami betul protokol kesehatan di berbagai tatanan kehidupan," kata dia. 

2. Rumah ibadah dibuka bertahap

Wali Kota Tangerang: Kita Masih Masa Transisi, Belum New NormalANTARA FOTO/Fauzan

Sebelumnya, Wali Kota Arief menyampaikan bahwa pembukaan tempat ibadah dilakukan secara bertahap karena mengikuti kesiapan masing - masing pengurus dalam untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19.


Dari pantauan di lapangan ke rumah-rumah ibadah, Arief menilai, mayoritas pengurus sudah siap melaksanakan protokol kesehatan. 

Baca Juga: Tempat Ibadah di Tangerang Dibuka Bertahap

3. Penyemprotan massal dilaksanakan di titik keramaian

Wali Kota Tangerang: Kita Masih Masa Transisi, Belum New NormalTangerang laksanakan penyemprotan massal jelang new normal (Antaranews)

Selain sosialisasi protokol kesehatan, Pemkot Tangerang juga melaksanakan semprot disinfektan secara massal. Target penyemprotan ini adalah titik-titik keramaian dan area publik seperti pertokoan. 

Wali Kota Arief sudah menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan penyemprotan termasuk lingkungan masyarakat.

"Memang sekarang kalau kita lihat masyarakat sudah banyak dan aktif menggunakan masker, tapi masih ada beberapa yang beraktivitas di luar tidak menggunakan masker. Mereka inilah yang terus kita ingatkan dan tertibkan," katanya.

Pantauan di lapangan, penyemprotan dilakukan secara merata di 13 wilayah kecamatan oleh pegawai gabungan dengan menggunakan armada dan pakaian APD.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan juga sosialisasi kepada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Baca Juga: [LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New Normal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya