2 Tahun Pandemik, Pemprov Banten Kembali Geliatkan Pariwisata

Banten fokus pengembangan wisata alam dan religi

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kembali fokus membangkitkan perekonomian daerah pasca dua tahun dilanda pandemik COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan melalui pengembangan pariwisata.

Hal itu diungkapkan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten, M Tranggono, usai meninjau lokasi Desa Wisata Sukarame di Kabupaten Serang dan kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Minggu (17/7/2022).

1. Kembangkan destinasi wisata religi dan alam

2 Tahun Pandemik, Pemprov Banten Kembali Geliatkan PariwisataWarga menghabiskan libur Lebaran 2020 di pantai di Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Tranggono menjelaskan, ada tiga tujuan destinasi wisata yang sedang dikembangkan yakni kawasan wisata Anyer, wisata religi Banten Lama, dan yang ketiga Tanara di Kabupaten Serang.

"Saya melihat potensinya ini banyak, terdapat wisata religi dan wisata alamnya," katanya.

Menurut Tranggono, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, juga sedang berkonsentrasi pada pengembangan pariwisata dalam percepatan pembangunan Provinsi Banten. Seperti mendorong penciptaan wisata yang nyaman bagi wisatawan.

"Di Tahura menarik turis-turis asing. Kita melihat ada potensi-potensi yang bisa kita promosikan, hanya perlu sinergitas dengan warga," imbuhnya.

Baca Juga: 7 Pantai di Pandeglang Ini Juga Punya View Indah, Gak Kalah dari Anyer

2. Setiap destinasi wisata akan dikolaborasikan dengan pentas seni tradisional

2 Tahun Pandemik, Pemprov Banten Kembali Geliatkan PariwisataDebus Banten. (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Pariwisata saat ini bukan hanya memasarkan lokasinya saja, melainkan dikolaborasi dengan penampilan kesenian budaya Banten seperti debus. Dengan seperti itu, Tranggono berharap ekonomi daerah bisa tumbuh cepat.

"Kami mendukung Desa Sukarame ini, mudah-mudahan yang kami dorong paling tidak ada Desa yang bisa menjadi pilot project untuk pilot ke Desa-Desa lainnya," tandasnya.

3. Perlu melakukam kerja bersama

2 Tahun Pandemik, Pemprov Banten Kembali Geliatkan PariwisataIlustrasi sejumlah wisatawan memanfaatkan waktu rekreasi ke pantai tak gunakan masker. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Tranggono juga menuturkan, Pemprov Banten telah mengidentifikasi lokasi-lokasi wisata sehingga ke depan para penggiat dapat menawarkan sebuah paket wisata kepada calon wisatawan.

"Alhamdulillah sudah banyak institusi yang mau membantu kita mengembangkan objek wisata, tapi ini kuncinya tidak bisa sendiri harus berkolaborasi. Pada prinsipnya, kita mempercepat pertumbuhan ekonomi Banten lebih cepat lagi," jelasnya.

Baca Juga: Akhirnya Okupansi Hotel di Pesisir Banten 100 Persen Terisi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya