Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Vaksinasi

Belajar dari Wali Kota Serang yang gagal vaksinasi COVID-19

Serang, IDN Times - Pemerintah tengah gencar melakukan vaksinasi COVID-19, saat ini. Nah, meski target terkini merupakan tenaga medis, ada baiknya kamu tahu, bagaimana menyiapkan tubuh sebelum menerima vaksinasi.

Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah asupan makanan dan minuman. Sebetulnya, tidak ada makanan atau minuman yang benar-benar tidak boleh kamu konsumsi--sesaat sebelum vaksinasi. Meski demikian, kamu harus menjaga dan memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan fit. 

Berkaca kepada kasus yang dialami Wali Kota Serang Syafrudin yang dua kali gagal lolos screening vaksinasi gegara gula darah tinggi setelah mengkonsumsi durian dan kopi.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi, Wali Kota Serang: Kopi Harus Dikurangi

1. Apakah benar tidak boleh konsumsi durian sebelum vaksinasi?

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum VaksinasiIDN Times/Khaerul Anwar

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Serang Lenny Suryani mengatakan, mengonsumsi durian sebetulnya tidak dilarang--sebelum menerima vaksin. Namun, bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes melitus, buah ini memang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi karena bisa membuat gula darah naik.

Selain durian orang memiliki penyakit diabetes disarankan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis.

"Kalau yang gak punya diabetes, makan durian minum teh manis, gak kenapa-kenapa. Mungkin sebelumnya punya penyakit diabetes melitus," kata Lenny kepada IDN Times, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Gara-Gara Duren, Wali Kota Serang Gagal Suntik Vaksin Hari Ini

2. Sebaiknya, hindari makanan dan minuman yang merangsang lambung

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum VaksinasiIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain diabetes, orang yang memiliki penyakit maag  juga harus memberi perhatian khusus pada asupan makanan dan minuman. Bagi kamu yang memiliki masalah ini, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang merangsang lambung, seprti makanan yang pedas, minuman bersoda, kopi berlebihan, hingga durian.

Menurut Lenny, durian dianggap kurang baik untuk lambung karena kadar karbohidratnya cukup tinggi. Hal ini membuat durian bisa menghasilkan cukup banyak gas di perut.

"Dikhawatirkan merangsang lambung. Khawatir mual-mual sehingga kondisi gak fit. Pas screening gak lolos deh karena dalam kondisi kesakitan," katanya.

Dia kembali menegaskan bahwa penerima vaksinasi COVID-19 harus dalam keadaan sehat dan fit di hari H.

Baca Juga: Ragu-Takut, Perasaan Nakes di Banten Menerima Vaksin Pertama

3. Calon penerima vaksinasi disarankan tidak minum alkohol

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Vaksinasi(Ilustrasi pemusnahan minuman beralkohol) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kemudian dia menyarankan calon penerima vaksin untuk tidak minum alkohol sebelum disuntik vaksin karena pada periode itu harus memastikan sistem kekebalan tubuh anda dalam kondisi terbaik untuk merespons vaksin baru.

"Minuman beralkohol bisa mengurangi kemampuan untuk membangun kekebalan tubuh," katanya.

Baca Juga: 4 Ribu Nakes di Banten Tak Penuhi Syarat Vaksin COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya