Comscore Tracker

Demokrat Banten Tegaskan Iti Jayabaya Sebagai Simbol Partai 

Kepindahan WH Tak ada pengaruh suara partai

Serang, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat mengumumkan kepindahan mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim dari Partai Demokrat ke Nasdem, tak akan memengaruhi suara partai pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Banten, Azwar Anas mengatakan, simbol partai berlambang mercy di Banten tersebut yakni Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya.

"Memang Demokrat (Banten) simbol kita Bu Iti, jadi rating kita naik karena Bu Iti," kata Anas saat dikonfirmasi, Minggu (26/6/2022).

1. Iti kandidat kuat Cagub Banten 2024

Demokrat Banten Tegaskan Iti Jayabaya Sebagai Simbol Partai Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Disampaikan Anas, survei internal dan penilaian beberapa tokoh di Kabupaten Lebak menyatakan iti sebagai politisi yang memiliki elektabikitas tinggi pada Pilgub 2024 mendatang.

"Dan memang hasil survei Bu Iti masuk radar naik di Banten satu. Artinya gak ngaruh (Wahidin pindah), toh di atas santai saja," katanya.

Baca Juga: Politisi Demokrat Banten Ramai-ramai Minta AHY Pecat Wahidin Halim

2. Segera membuka pendaftaran calon anggota legislatif

Demokrat Banten Tegaskan Iti Jayabaya Sebagai Simbol Partai Ilustrasi logo Partai Demokrat (Dok. Partai Demokrat)

Anas menuturkan, Partai Demokrat Banten tengah mempersiapkan pendaftaran calon legislatif (caleg) untuk semua tingkatan mulai dari kabupaten, kota, provinsi, hingga pemerintah pusat. Pendaftaran dibuka mulai Selasa, 28 Juni 2022 hingga Februari 2023.

"Proses penjaringan mulai minggu depan. Partai Demokrat Banten akan memulai penjaringan serentak, jadi teman-teman di Banten bisa mendaftarkan diri untuk jadi caleg," katanya.

3. Kaum milenial jadi prioritas caleg

Demokrat Banten Tegaskan Iti Jayabaya Sebagai Simbol Partai IDN Times/Khaerul Anwar

Dia menerangkan, pendaftaran terbuka untuk masyarakat umum baik petani maupun kalangan anak muda. Dia menawarkan wartawan yang ingin beralih profesi menjadi politisi bisa mendaftarkan diri sebagai caleg di Partai Demokrat.

"Anak muda yang mau nyaleg kita persiapkan, teman-teman petani juga bisa. Kita buka secara umum. Teman-teman media yang mau caleg juga bisa," katanya.

Baca Juga: Disebut Gabung Nasdem, Wahidin: Baru Penjajakan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya